Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan foto beredar di media sosial menampilkan foto mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengenakan seragam, dengan latar belakang foto Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Foto tersebut beredar pada pekan ketiga Agustus 2024. Dalam foto tersebut terlihat Anies mengepalkan tangan dan mengenakan peci berwarna hitam.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“SEMANGAT NYEBONG NYE YACH DRUN KADRUN”

Namun, benarkah foto Anies Baswedan dengan mengenakan seragam dengan latar belakang logo PDIP tersebut?

 

Unggahan yang menampilkan foto Anies kenakan seragam dan latar PDIP. Faktanya, foto tersebut merupakan editan. (Facebook)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran menggunakan Google Image, foto tersebut merupakan hasil suntingan. Foto aslinya merupakan foto mantan kader PDIP, Harun Masiku yang kini masih termasuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sebelumnya, Anies diisukan akan diusung di Pilkada Jakarta 2024 oleh PDIP. Pada Sabtu (24/07), Anies diketahui mengunjungi Kantor DPD PDIP dan mengungkapkan Pilkada Jakarta menjadi salah satu pembahasan dalam kunjungan tersebut.

Kendati demikian, Anies menuturkan baik dirinya maupun DPD PDIP Jakarta masih menunggu keputusan serta langkah ke depan.

“Sekarang ini kita tunggu dulu sampai semua keputusan dibuat. Baru kita tentukan langkah ke depannya,” ujar Anies, dilansir dari ANTARA beberapa waktu lalu.

Klaim: Foto Anies Baswedan kenakan seragam dengan latar belakang logo PDIP

Rating: Disinformasi

Cek fakta: Anies ikut turun demo kenaikan UKT bersama mahasiswa, benarkah?

Cek fakta: Hoaks! MK putuskan Anies dan Ganjar tidak boleh calonkan diri jadi Presiden

Baca juga: Anies berpeluang diusung di Jakarta bila komit pada ideologi PDIP

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024