Dalam rangka PON ini, kami dilibatkan dengan mengerahkan 250 unit bus pariwisata berkapasitas 25 kursi
Medan (ANTARA) - Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Medan, Sumatera Utara, menyiapkan sebanyak 250 unit bus pariwisata untuk menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang diselenggarakan pada 8-20 September 2024.

"Dalam rangka PON ini, kami dilibatkan dengan mengerahkan 250 unit bus pariwisata berkapasitas 25 kursi," ujar Sekretaris Organda Kota Medan Jaya Sinaga di Medan, Senin.

Jaya melanjutkan bus tersebut masih dilakukan verifikasi kendaraan yang salah satunya pembuatan tahun 2016. Bus-busa itu nantinya digunakan untuk mengangkut para atlet maupun ofisial yang bertanding yang tersebar di 10 kabupaten atau kota yang di wilayah beribu Kota Medan ini.

"Bus pariwisata ini digunakan untuk mengangkut ofisial maupun atlet baik dari bandara, hotel, tempat pertandingan dan lainnya, selama ajang nasional ini berlangsung yang diatur oleh Dinas Perhubungan Sumut," kata dia.

Menurutnya, dengan melibatkan bus pariwisata dari Organda Medan ini, dapat meningkatkan pendapatan para pelaku penyedia bus. Diharapkan, bus tersebut dapat mengakomodasi para atlet maupun ofisial yang bertanding.

Baca juga: Organda siap bantu sediakan transportasi untuk PON Aceh-Sumut

"Kami siap dalam penambahan bus, jika pihak panitia membutuhkan dalam rangka untuk menyukseskan PON ini," kata Jaya.

Pelaksanaan kegiatan PON ini melibatkan sekitar 6.281 orang, dengan dukungan dari 3.140 orang ofisial sementara di Aceh akan ada 5.636 atlet dan 2.752 ofisial.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Sumut Agustinus mengatakan pihaknya menyediakan sebanyak 967 unit kendaraan yang akan digunakan untuk menunjang kelancaran transportasi pada ajang olahraga nasional tersebut.

Dia menjelaskan transportasi itu akan tersebar di 10 kabupaten/kota yang melayani sebanyak 34 arena PON 2024 di Sumut yang akan mengangkut peserta sebanyak 15.023 orang.

Nantinya, transportasi itu akan dioperasikan sejak H-3 hingga H+2 PON 2024. Artinya, para kontingen hadir di H-3 sudah mendapatkan fasilitas transportasi," ujar dia.

Selain itu, Dinas Perhubungan Sumatera Utara akan menyediakan aplikasi Transponsumut guna mendukung kelancaran transportasi pada ajang nasional tersebut.

Dengan tujuan dirancang untuk memonitor dan melacak (tracking) kendaraan yang digunakan selama PON untuk memberikan layanan transportasi yang efisien dan terkoordinasi.

"Aplikasi itu akan memberikan pelayanan atlet dan ofisial menuju berbagai lokasi pertandingan, serta memberikan kemudahan komunikasi antara peserta dengan pengelola transportasi PON," ujar Agustinus.

Baca juga: Pj Gubernur ajak Garuda Indonesia sukseskan PON Aceh 2024

Baca juga: Dishub Sumut siapkan aplikasi Transponsumut di PON 2024

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024