Ternate (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto dan beberapa jajaran deputi akan meninjau lokasi bencana banjir bandang di Kelurahan Rua, Kota Ternate.

"Sesuai laporan, besok pagi ada kunjungan langsung dari Kepala BNPB, karena kejadian ini dapat perhatian pusat juga," kata Koordinator Posko Tanggap Darurat, Rizal Marsaoly di Ternate, Senin.

Dia mengatakan, sesuai agenda, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto bersama jajaran akan menggelar rapat koordinasi dengan jajaran terkait di Ternate untuk membahas penanganan korban banjir bandang yang saat ini telah dievakuasi ke lokasi pengungsian disediakan di SMKN 4 Kota Ternate.

Baca juga: Polres gunakan anjing pelacak cari korban banjir Ternate

Menurut dia, Kepala BNPB akan menemui korban banjir bandang di Kota Ternate sekaligus melihat kondisi di lapangan.

Seperti diketahui, korban banjir bandang di Ternate saat ini membutuhkan tempat tidur, matras, perlengkapan bayi, lansia untuk kebutuhan selama berada di lokasi pengungsian yang telah disediakan Tim Posko Tanggap Darurat.

Sementara itu, di tempat terpisah, Kepala Biro Adpim Setda Pemprov Maluku Utara, Rahwan K Suamba mengatakan, Letjen TNI Suharyanto dan beberapa jajaran turun ke Ternate untuk pantau langsung lokasi bencana banjir ini.

"Bahkan sebelum turun akan memulai rapat koordinasi dengan Pemkot Ternate dan Pj Gubernur Malut," jelasnya

Diketahui, data yang dikantongi di Polda Maluku Utara dan BPBD Ternate, rumah yang mengalami rusak akibat dari banjir bandang sebanyak 25 rumah dan satu tempat Ibadah.

Dari 25 rumah itu, 20 rumah dan satu tempat ibadah mengalami rusak berat, dan lima rumah lainnya hilang karena tertimbun lumpur.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024