Jakarta (ANTARA) - Pembalap Ferrari Charles Leclerc tidak bisa menyembunyikan keterkejutannya setelah menyelesaikan Formula 1 (F1) Grand Prix (GP) Belanda di Sirkuit Zadvoort, Minggu (25/8) dengan podium tempat ketiga setelah memulai dari posisi keenam di grid.

Baik Leclerc dan rekan setimnya Carlos Sainz tidak yakin dengan prospek tim setelah mengalami hari-hari sulit pada Jumat (23/8) dan Sabtu (24/8), dengan Leclerc sangat kecewa karena hanya berjarak satu detik dari posisi terdepan di kualifikasi.

Namun, ternyata Minggu di Zandvoort berjalan jauh lebih baik daripada yang diantisipasi Ferrari. Leclerc memulai dengan baik dan mengambil alih posisi Sergio Perez dari Red Bull, sebelum kemudian mengalahkan Oscar Piastri untuk posisi ketiga.

“Saya sangat, sangat terkejut," kata Leclerc setelah balapan, dikutip dari laman resmi F1, Senin.

Ini adalah podium ketiga untuk kedua kalinya secara beruntun bagi Lecrerc setelah GP Belgia tiga pekan lalu, setelah ia tampil buruk di lima seri setelah kemenangan di Monako.

"Tapi menurut saya dengan balapan hari ini kami bisa sangat senang dengan pekerjaan yang kami lakukan di akhir pekan yang sulit bagi tim," kata pembalap asal Monako itu.

“Kami telah berjuang sejak Jumat hingga balapan. Dalam perlombaan kami mampu melaju cukup cepat, mengeksekusi strategi yang sempurna, kami melemahkan dua pesaing kami, dan kemudian kami berhasil menjaga keunggulan," lanjutnya.

Baca juga: Verstappen sebut mobilnya tak cukup cepat saat kalah dari Norris

Sementara itu, Sainz yang finis kelima juga merasa terkejut dengan performa mobilnya yang menurutnya "lebih baik dari yang diharapkan".

“Itu sedikit mengejutkan bagi saya, saya tidak akan berbohong,” kata Sainz tentang performa mobilnya.

“Prediksi terbaik kami mengenai hasil hari ini adalah P7, P8, jadi untuk benar-benar mencapai P5 lebih baik dari yang diharapkan," tambahnya.

Hasil P3 di Zadvoort membawa Lecrerc menjaga posisi ketiganya di klasemen sementara dengan 192 poin, unggul 20 poin atas Sainz yang ada di posisi kelima dengan 172 poin.

Baca juga: Klasemen F1 2024: Norris terus mendekati Verstappen
Baca juga: Norris taklukkan Verstappen pada balapan utama GP Belanda

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024