Kita terus mengambil langkah-langkah dengan seluruh unsur untuk menurunkan angka stunting
Banda Aceh (ANTARA) - Tiga sekolah dasar (SD) di Kabupaten Aceh Besar terpilih untuk melaksanakan program Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi Untuk Siswa (Genius) 2024 yang mulai diluncurkan di provinsi Aceh.

“Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Aceh yang telah memilih Kabupaten Aceh Besar sebagai lokasi peluncuran program Genius secara simbolis di Aceh,” kata Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto di Blang Bintang, Senin.

Pernyataan itu disampaikan di sela-sela peluncuran program Genius  Provinsi Aceh di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Lhok Seumeulu, Kabupaten Aceh Besar oleh Pj Gubernur Aceh Safrizal diwakili Asisten II Setda Aceh Zulkifli. ​​​​

Ia menyebutkan pada tahun 2024 ada 3 Sekolah Dasar di Kabupaten Aceh Besar yang terpilih menjalankan program Genius yakni SDN Neusok Teubaluy 227 siswa, SDN 9 Bukit Teurebeh 54 siswa dan SDN Lhok Seumeulu 281 siswa.

Adapun jumlah keseluruhannya siswa yang masuk dalam program Genius di Kabupaten Aceh Besar sebanyak 562 siswa yang tersebar di tiga sekolah.

"Kita terus mengambil langkah-langkah dengan seluruh unsur untuk menurunkan angka stunting termasuk di Kecamatan Kuta Baro yang juga ikut dibantu oleh Angkasa Pura II Bandara Sultan Iskandar Muda," katanya.

Baca juga: Bapanas uji petik program Genius 2024 di Blitar dan Tulungagung
Baca juga: Pemkab Banyuasin: Program Genius di lima sekolah dasar berjalan baik


Menurut dia, program Genius ini juga berdampak positif terhadap siswa-siswi SD di Aceh Besar, terutama dari sisi asupan gizi.

Ia menjelaskan Genius bertujuan untuk memberikan edukasi pangan dan gizi bagi guru,siswa dan orang tua serta pemberian kudapan pangan bergizi bagi siswa sehingga tercukupi asupan gizi.

Pemkab Aceh Besar siap berkontribusi dan berkabolarasi terhadap setiap program yang dijalankan oleh Pemerintah, seperti dari Bappenas maupun dari Dinas Pangan Aceh.

"Semenjak mendapatkan tugas sebagai Pj Bupati Aceh Besar, banyak bantuan dan program yang bisa kami kolaborasi dan diluncurkan di Aceh Besar. Semoga, apa yang diikhtiarkan pada hari ini bermanfaat banyak bagi masyarakat," katanya.

Kepala Dinas Pangan Aceh Surya Rayendra mengatakan pihaknya mendapatkan dukungan dari Badan Pangan Nasional untuk melaksanakan Program Genius, sebagai salah satu upaya penanganan rawan pangan dan gizi, pemenuhan pangan yang bergizi bagi generasi muda untuk mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) menuju generasi emas 2045.

Ia menyebutkan sasaran dari kegiatan Genius secara keseluruhannya berjumlah 1.688 siswa di 9 sekolah dasar di tiga kabupaten/kota di Aceh.

Baca juga: Program "Genius" di Kota Probolinggo wujudkan pioner generasi emas
Baca juga: Unhas-Bapanas kerja sama penguatan Program Genius untuk 25.000 siswa
Baca juga: Disdik Jayapura seleksi 160 siswa masuk program sekolah Genius 2024

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024