mereka telah dipindahkan ke tempat aman
Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan memastikan status 134 pasien rawat inap dalam kondisi aman, pasca kebakaran pada lantai 4F gedung rumah sakit itu.

"Keselamatan pasien adalah prioritas utama kami, mereka telah dipindahkan ke tempat aman dan mendapat penanganan medis yang diperlukan," kata Plt. Direktur Utama PT Pertamina Bina Medika IHC Lia Gardenia Partakusuma, di RSPP Jakarta Selatan, Senin.

Lia mengatakan lantai 4F saat ini sedang dalam proses renovasi sehingga tidak ada area pelayanan pasien dan risiko kebakaran bisa diminimalisir.

Manajemen RSPP segera mengaktifkan prosedur darurat untuk mengevakuasi pasien ke lokasi yang lebih aman, yaitu Gedung B lantai 1 dan instalasi gawat darurat (IGD).

"Evakuasi berlangsung cepat dan tertib, sehingga seluruh pasien berhasil dipindahkan tanpa adanya korban jiwa," ujarnya.

Baca juga: Sebanyak 75 personel dikerahkan untuk padamkan kebakaran di RSPP

Selain pasien, lanjut dia, para tenaga medis dan perawat tetap berada di sisi pasien hingga situasi dinyatakan aman.
 
Manajemen RSPP bersama Tim kesehatan, keselamatan, keamanan dan lingkungan (health, safety, security dan environment/HSSE) HSSE PT Pertamina (Persero) berada di lokasi untuk memastikan bahwa seluruh prosedur keselamatan telah dijalankan dengan baik dan semua pasien dapat kembali ke ruang rawat inap setelah situasi benar-benar aman.
 
"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan standar keselamatan di semua unit rumah sakit," ujarnya.
 
Kejadian ini membuat pihaknya akan mengambil langkah-langkah preventif untuk memastikan tidak ada lagi insiden serupa di masa depan.

Diharapkan, seluruh pasien dapat segera pulih dan kembali ke rumah masing-masing dengan selamat.

Baca juga: Penyebab kebakaran RS Pusat Pertamina diduga korsleting listrik
 
"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam penanganan insiden ini, termasuk tim medis, perawat, petugas keamanan, dan pemadam kebakaran. Semoga di masa depan kita tidak perlu menghadapi kejadian serupa," ujarnya.

Kebakaran berhasil dipadamkan sekitar pukul 14.30 WIB berkat kesigapan tim pemadam kebakaran.
 
Sebanyak 85 personel dikerahkan ke lokasi kejadian untuk memastikan api benar-benar padam dan tidak menyebar ke area lain.
 
Polisi menyebutkan penyebab kebakaran di lantai empat RSPP, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan itu diduga karena korsleting listrik.

Baca juga: RSPP rawat 24 korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024