Jakarta (ANTARA) - Artha Graha Peduli (AGP) dan Artha Graha Network (AGN) berpartisipasi dalam kegiatan “WOW INDONESIA! Festival 2024” yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dalam rangka memeriahkan dan merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia serta 75 tahun Persahabatan Diplomatik antara Indonesia dan Amerika Serikat.

Acara yang diselenggarakan pada tanggal 22-26 Agustus 2024 di Pennsylvania Avenue, Washington D.C., Amerika Serikat ini mencakup Knowledge Forum, festival, dan Business Forum.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan kehadiran AGP dan AGN dalam forum ini sebagai upaya untuk mendekatkan Amerika dengan Indonesia dari sisi pelaku dan bisnisnya.

Baca juga: Bank Artha Graha harap terus kolaborasi selenggarakan Kemala Run

“Saya sedang berada di festival Wow Indonesia untuk merayakan 75 tahun, hubungan diplomatik Indonesia dengan Amerika Serikat. Dan salah satu partner kita adalah dari Artha Graha Group. Jadi ikut menyukseskan untuk mendekatkan Amerika dengan Indonesia dari sisi people to people dan juga business. Terima kasih,” ujar Retno dalam keterangan pers Artha Graha yang diterima, Senin.

Knowledge Forum yang diselenggarakan oleh World Bank Group, membahas perkembangan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia khususnya perkembangan ekonomi hijau. Perayaan dalam bentuk Festival juga diadakan pada tanggal 25 Agustus, di mana berbagai kegiatan seni, mulai dari fashion hingga penampilan artis-artis seperti Warren Hue, Andien, dan Stephanie Poetri, yang menampilkan bakat-bakat muda dari Tanah Air.

Acara ini ditutup dengan Business Forum pada tanggal 26 Agustus dengan tema "Elevating Indonesia-US Economic Relations Under the Comprehensive Strategic Partnership”.

Baca juga: Bank Artha Graha Internasional buat Kemala Run 2024 untuk pertama kali

Indonesia dan Amerika Serikat telah menjalin hubungan diplomatik mulai 1949, sejak Amerika Serikat mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia. Selama bertahun-tahun kedua negara ini saling mendukung secara politik, ekonomi dan dalam penanggulangan terorisme. Kemitraan menguntungkan kedua negara dan mendorong pertumbuhan hubungan internasional.

Ketua Acara Artha Graha Network – WOW Indonesia Kent Dixon mengatakan dengan mengikuti kegiatan kerja sama bilateral ini dapat menjadi kesempatan untuk menumbuhkan cinta Tanah Air dan meningkatkan kerja sama yang baik antara Indonesia dan Amerika.

“Kami Artha Graha Peduli dan Artha Graha Network merasa terhormat dapat berpartisipasi dalam acara WOW Indonesia Festival 2024. Kerja sama bilateral ini semoga semakin baik dalam menjaga keberagaman (diversity), demokrasi (democracy) dan kemakmuran (prosperity). Kami percaya bahwa kegiatan ini tidak hanya memperkenalkan keindahan pariwisata Indonesia, tetapi juga akan menumbuhkan cinta tanah air di momentum hari kemerdekaan Indonesia,” jelas Kent.

Baca juga: AGI Jakarta International E-prix Circuit dukung Formula E 2023

Kontribusi Tambling Wildlife Nature Conservation, Bank Artha Graha Internasional, PT. Jakarta International Hotels & Development, Hotel Borobudur Jakarta, PT Pasifik Agro Sentosa, PT Danayasa Arthatama, Gulavit, Takokak, SCBD dan Electronic City, dalam mengikuti kegiatan secara langsung di Washington D.C. juga turut memperkenalkan program konservasi dan sustainability Artha Graha Peduli (AGP).

Antara lain konservasi hewan harimau Sumatera di Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC), hutan mangrove, dan lain-lain.

“Kami ingin memperkenalkan keunikan dari masing-masing unit usaha kami, dengan fokus pada bisnis berkelanjutan atau Green Business. Salah satunya adalah kawasan konservasi Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC), yang mencerminkan komitmen kami terhadap lingkungan. Selain itu, kami juga akan menawarkan paket promosi pariwisata Indonesia, mencakup destinasi menarik seperti Jakarta, Tambling, Pulau Pantara, dan Bali,” katanya.​​​​​​​

Acara ini turut dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Deputi Gubernur Bank Indonesia Filianingsih Hendarta, mantan Menteri Parekraf Wisnutama Kusubandio dan lainnya.

Baca juga: Formula E Jakarta dijadikan Bank Artha Graha untuk ekspansi

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024