Semarang (ANTARA) - Sebanyak sembilan mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) meraih beasiswa Program Indonesia International Student Mobility Award (IISMA) 2024 untuk belajar di delapan negara.

Beasiswa Program IISMA 2024 adalah beasiswa untuk menjalani studi satu semester di universitas ternama di luar negeri.

Rektor Unnes Prof. Dr. S. Martono, di Semarang, Senin, menyampaikan kebanggaannya atas prestasi yang diraih sembilan mahasiswa tersebut.

Delapan negara itu, yakni Malaysia dua orang, Selandia Baru, Amerika Serikat, Republik Ceko, Thailand, Australia, Hungaria, dan Spanyol.

Baca juga: Unnes tanggapi soal dugaan kekerasan seksual mahasiswa

Baca juga: 14 pengusaha dan tokoh nasional jadi Dewan Penyantun Unnes


"Keberhasilan ini menegaskan komitmen Unnes dalam mendukung prestasi akademik mahasiswa," katanya.

Ia berharap keberhasilan sembilan mahasiswa Unnes tersebut bisa memberikan semangat dan inspirasi bagi para mahasiswa lainnya untuk mengikuti.

"Semoga keberhasilan ini memberikan inspirasi bagi mahasiswa UNNES lainnya untuk terus berusaha dan mengembangkan potensi mereka," katanya.

Prestasi tersebut, kata dia, tidak hanya menjadi kebanggaan bagi penerima beasiswa dan almamater, tetapi juga merupakan dorongan bagi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Beasiswa Program IISMA 2024 merupakan dukungan bagi mahasiswa Indonesia untuk memperluas wawasan dan meningkatkan kompetensi global.

Pemberian beasiswa IISMA 2024 merupakan kerja sama antara Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) bersama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Program tersebut memiliki tiga jalur seleksi, yakni jalur afirmasi, reguler, dan "co-funding".

Pada tahun ini, Kemendikbud Ristek juga meningkatkan kuota beasiswa menjadi lebih dari 3.000 penerima dan memberikan kesempatan lebih luas kepada mahasiswa di seluruh Indonesia untuk belajar di 30 negara di dunia.*

Baca juga: Orang tua wakili mendiang anaknya wisuda di Unnes

Baca juga: Unnes buka program studi baru tampung 100 mahasiswa

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024