Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau mematangkan persiapan kafilah dan tim pendamping untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Ke-30 di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada 6-16 September 2024.

"Persiapan ini merupakan langkah penting untuk memastikan semua kebutuhan kafilah terpenuhi mulai dari akomodasi hingga kebutuhan teknis selama kegiatan sehingga para kafilah bisa fokus berkompetisi tanpa terbebani masalah lain," kata Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Riau Imron Rosyadi di Pekanbaru, Senin.

Baca juga: Sebanyak 1.998 peserta akan ikuti MTQ Nasional ke-30 di Kaltim

Menurut Imron, Riau menyiapkan 56 kafilah inti dan 54 kafilah cadangan pada kompetisi MTQ Nasional melalui pemusatan latihan untuk mengembangkan kompetensi dan mengasah kemampuan mulai 14 Agustus hingga 3 September 2024.

Ia mengatakan para kafilah Riau dijadwalkan berangkat ke Kaltim pada 4 September 2024 dengan harapan dapat tampil maksimal dan membawa pulang prestasi yang membanggakan. Pada saat Seleksi Tilawatil Quran dan Musabaqah Hadits (STQH) Nasional Provinsi Riau berhasil meraih peringkat 4.

Baca juga: Pemprov Kaltim targetkan sarana MTQ Nasional rampung Juli

"Perolehan peringkat 4 itu harus bisa memotivasi para kafilah untuk meraih juara melebihi target tahun sebelumnya. Mohon doa dari semua pihak dan masyarakat Provinsi Riau agar kafilah Riau pada MTQ Ke-30 bisa berprestasi," katanya.

Ketua Tim MTQ Kanwil Kemenag Riau Defizon mengatakan Riau menjadi provinsi yang mengikuti perlombaan terbanyak. Kafilah dari "Bumi Lancang Kuning" akan tampil pada 8 cabang perlombaan serta satu cabang eksebisi untuk lomba kaligrafi digital golongan putra dan putri.

Baca juga: IHGMA Kaltim siapkan ribuan kamar untuk kafilah MTQN 2024

Cabang yang diperlombakan pada MTQ Nasional Ke-30 adalah Seni Baca Al Quran, Qiraat Al Quran, Hafalan Al Quran, Tafsir Al Quran, Fahm Al Quran, Syarh Al Quran, Seni Kaligrafi Al Quran, Karya Tulis Al Quran, dan Cabang Eksibisi Seni Kaligrafi Al Quran.
 

Pewarta: Frislidia
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024