Ada yang di Kemayoran, ada yang di Cawang, dan TMII
Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya menyiapkan sejumlah kantong parkir untuk menampung kendaraan masyarakat yang diperkirakan mencapai 1.800 bus, untuk menghadiri misa akbar bersama Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta

Kepala Bagian Operasional Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karosekali mengatakan pihaknya sudah menyiapkan skema lalu lintas, termasuk lokasi parkir saat misa akbar bersama Paus Fransiskus di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada 5 September 2024.

"Jadi, untuk kantong parkir nanti, untuk diketahui masyarakat ada 1.800 bus yang akan datang ke GBK. Sehingga kantong parkirnya itu akan kami bagi. Ada yang di Kemayoran, ada yang di Cawang, dan TMII," kata Karosekali saat memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Karosekali menjelaskan bahwa lokasi parkir tersebut disebar ke sejumlah wilayah, yakni di Kemayoran, Jakarta Pusat; Cawang dan Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Baca juga: Uskup Agung: Kunjungan Paus tegaskan kedekatan hubungan RI-Vatikan

Polda Metro Jaya bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga sudah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mengurai kepadatan di sekitar lokasi.

"Kami sudah melakukan atau menyiapkan rekayasa-rekayasa lalu lintas. Kami minta kepada warga masyarakat pada 5 September, semaksimal mungkin bisa mencari rute alternatif lain yang dapat digunakan," kata dia.

Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan bahwa puluhan ribu masyarakat yang akan mengikuti kegiatan misa akbar mulai berdatangan sekitar pukul 12.00 WIB dengan transportasi yang disiapkan Pemprov DKI Jakarta.

"Kami juga mempersiapkan titik-titik seperti di Cawang, dari sisi utara juga kami siapkan. Dari sisi sekitar Cengkareng, dari sisi sekitar Jakarta Barat, semua kami persiapkan transportasi tambahan TransJakarta maupun dari yang lain," kata Heru.

Baca juga: Forkoma PMKRI maklumi penundaan kunjungan Paus Fransiskus ke Jakarta

Kunjungan Paus ke Indonesia dilakukan pada 3-6 September 2024.

Kegiatan misa akbar dilaksanakan di GBK 5 September 2024 petang dan pada hari yang sama, diselenggarakan International Sustainability Forum (ISF) di Jakarta Convention Center (JCC) yang akan dihadiri sejumlah kepala negara.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024