Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo bertolak kembali ke Jakarta setelah melakukan kunjungan kerja untuk meresmikan sejumlah infrastruktur di Provinsi Lampung, Senin.

Biro Pers Sekretariat Presiden melalui keterangan yang diterima di Jakarta menginformasikan Presiden bertolak kembali ke Jakarta sekitar pukul 14.00 WIB.

Presiden dan rombongan lepas landas dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Bandar Udara Radin Inten II, Kabupaten Lampung Selatan.

Keberangkatan Presiden kembali ke Jakarta dilepas Penjabat Gubernur Lampung Samsudin, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI M. Naudi Nurdika, Kapolda Lampung Irjen Polisi Helmy Santika, dan Danlanud Pangeran M. Bun Yamin Letkol Pnb. I Kadek Suta Arimbawa.

Dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Lampung, Presiden Jokowi telah meresmikan Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung Timur.

Presiden mengapresiasi selesainya pembangunan Bendungan Margatiga yang telah dilaksanakan sejak 2017.

Baca juga: Presiden: Bendungan Margatiga tingkatkan produktivitas pertanian

Bendungan yang dibangun dengan nilai investasi Rp846 miliar itu memiliki luas genangan sekitar 2.313 hektare dengan daya tampung 42 juta meter kubik.

Presiden mengharapkan bendungan ke-44 yang diresmikan selama masa pemerintahannya itu dapat dimanfaatkan mulai dari irigasi hingga reduksi banjir.

Selain itu, Presiden juga mengharapkan produktivitas para petani di sekitar bendungan dapat naik secara signifikan.

Baca juga: Presiden: Bendungan Margatiga jadi bendungan ke-44 yang diresmikan

Kemudian, Presiden Jokowi meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kabupaten Lampung Selatan.

Presiden mengatakan bahwa SPAM yang dibangun dengan nilai investasi sebesar Rp1,3 triliun tersebut dapat memasok air bersih untuk 60 ribu rumah tangga di wilayah tersebut.

Menurut Presiden, kapasitas SPAM yang besar tersebut menyediakan air yang sangat jernih dan bagus.

Baca juga: Presiden Jokowi resmikan Pasar Pasir Gintung Bandarlampung

Selanjutnya, Presiden Jokowi meresmikan Pasar Pasir Gintung di Kota Bandarlampung. Dalam sambutannya, Presiden menyampaikan bahwa keramaian pasar menandakan berjalannya perekonomian di masyarakat sekitar.

Revitalisasi pasar tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomian di wilayah sekitar.

Untuk itu, Presiden berpesan agar para pedagang dan masyarakat sekitar dapat merawat dan menjaga pasar agar tetap rapi dan bersih.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja di Provinsi Lampung, yakni Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana serta Pelaksana Harian Sekretaris Militer Presiden Brigjen TNI Heri Purwanto.

Baca juga: Presiden Jokowi resmikan SPAM Bandarlampung
Baca juga: Presiden sebut air SPAM Bandarlampung sangat bersih

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024