Jakarta (ANTARA) - Buah merupakan sumber vitamin A jenis provitamin A karotenoid. Vitamin A adalah jenis vitamin berperan penting untuk mendukung kesehatan tubuh, seperti menjaga kesehatan mata dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Provitamin A karotenoid berasal dari pigmen tumbuhan yang meliputi salah satunya beta-karoten. Karotenoid termasuk beta-karoten sebagian besar ditemukan dalam pigmen oren, kuning, merah pada buah. Lantas, apa saja buah yang mengandung vitamin A?

1. Mangga
Mangga mentah mengandung 112 mcg vitamin A, atau 12  dari DV (nilai harian). Buah mangga kaya akan antioksidan dan serat makanan, yang dapat berkontribusi pada fungsi usus yang lebih baik dan membantu mengontrol gula darah.

2. Pisang
Pisang adalah buah yang kaya akan vitamin A yang dapat bermanfaat untuk kesehatan mata. Selain itu, pisang juga mengandung karbohidrat tinggi yang dapat mengenyangkan saat dikonsumsi.

3. Tomat
Tomat juga kaya akan vitamin A untuk menjaga kesehatan mata. Tomat bisa dikonsumsi langsung maupun dibuat jus agar terasa lebih nikmat. Tiga perempat cangkir sajian jus tomat mengandung 42 mcg vitamin A, yang merupakan 5% dari DV.

4. Wortel
Wortel dikenal sebagai penjaga kesehatan mata. Vitamin A yang dihasilkan wortel berperan penting dalam menjaga kesehatan mata dan juga berguna melepaskan radikal bebas yang berada dalam tubuh.

5. Belimbing
Belimbing kaya akan serat beta-karotena yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Tiap 100 gram buah belimbing mengandung vitamin A 170 IU.

6. Labu
Labu kaya akan vitamin A, dengan satu potongnya mengandung 488 mcg atau 54 persen DV. Hal ini karena, labu kaya akan beta karoten. Labu juga merupakan sumber antioksidan yang baik, seperti vitamin C, lutein, dan zeaxanthin yang dapat menjaga penglihatan dan mencegah penyakit mata yang umum.

7. Nanas
Nanas merupakan buah yang mengandung vitamin A, tiap 100 gram buah nanas mengandung vitamin A 130 IU. Buah nanas berguna bagi tubuh mengandung zat bromelin yang bersifat anti pembengkakan.

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024