Manunggal Fair 2024 merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan dalam rangka menyongsong Hari Jadi Ke-73 Kabupaten Kulon Progo
Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, bersama Perusahaan Umum Daerah Aneka Usaha menyelenggarakan Manunggal Fair 2024 pada 27 September sampai 5 Oktober 2024 di Taman Budaya Kulon Progo dengan memamerkan hasil pembangunan di wilayah itu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kulon Progo Agung Kurniawan di Kulon Progo, Senin, mengatakan Manunggal Fair 2024 bertajuk "gawe ayem lan regeng, gayeng" (membuat damai dan ramai).

"Pelaksanaan Manunggal Fair 2024 merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan dalam rangka menyongsong Hari Jadi Ke-73 Kabupaten Kulon Progo," kata Agung.

Ia mengatakan Manunggal Fair ini ini juga sebagai "Semarak Kota Geblek" hadir sebagai tema Hari Jadi Ke-73 Kabupaten Kulon Progo.

'Adapun makna dari tema tersebut yakni Semarak (Sejahtera, Maju, Mandiri, Berbudaya, dan Berkelanjutan), Kota (kolaborasi dan tangguh), dan geblek (greget bersinergi luas untuk ekonomi inklusi)," kata Agung.

Baca juga: Diskop-UKM Kulon Progo gelar Gebyar UMKM 2024 menuju 'UMKM go digital'

Baca juga: Dinas Pertanian Kulon Progo gelar Kontes Kambing PE cari bibit unggul


Dia mengatakan Manunggal Fair tidak hanya menampilkan hiburan saja, tapi juga ada edukasi. Dengan adanya pelajar yang datang ke Manunggal Fair dapat memeriahkan Peringatan Hari Hadi Kulon Progo.

"Hari jadi ini tidak hanya milik pemerintah saja, tapi untuk semua khalayak dan masyarakat," kata Agung.

Sementara itu, Direktur Perumda Aneka Usaha Kulon Progo Muhammad Nasta’in mengatakan, pihaknya sebagai penyelenggara Manunggal Fair 2024 menargetkan pengunjung sebanyak 50.000 orang dengan nilai transaksi selama pameran antara Rp4,5 miliar hingga Rp5 miliar.

Pihaknya juga menargetkan pendapatan asli daerah dalam kegiatan ini sebesar Rp150 juta.

“Kami menargetkan sebanyak 50.000 pengunjung dari masyarakat Kulon Progo dan sekitarnya," kata Nasta’in.

Manunggal Fair 2024 akan dibuka pada Jumat, 27 September 2024 pukul 15.30 dan Sabtu, 5 Oktober 2024 pukul 20.00 menjadi puncak hari penutupan ajang Manunggal Fair 2024.

"Harga tiket masuk gratis," katanya.

Baca juga: AP I: Penumpang di YIA pada semester I 2024 tumbuh 0,37 persen

Baca juga: Pemkab Kulon Progo dukung pembentukan Kawasan Geopark Jogja

Pewarta: Sutarmi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024