Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dalam pidatonya pada seminar nasional di Jakarta, Senin, mengungkap empat tahap pengembangan Sistem Interoperabilitas Komando dan Pengendalian (SIK) TNI untuk menggabungkan data-data militer dan kekuatan alutsista tiga matra.

Dalam pidato yang dibacakan oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II Marsekal Madya TNI M. Khairil Lubis itu, Panglima menjelaskan empat tahap pengembangan SIK itu merupakan strategi mewujudkan TNI yang semakin profesional dan meningkatkan interoperabilitas tiga matra TNI.

“Tahap pertama berupa pengembangan data militer terintegrasi Puskodal (Pusat Komando dan Pengendalian) TNI dengan data link yang sedang dilakukan pada tahun ini,” kata Pangkogabwilhan II membacakan pidato Panglima TNI dalam acara seminar bertajuk Revitalisasi Industri Pertahanan Darat yang digelar oleh Lemhannas RI.

Baca juga: Hadi minta TNI dan Polri bagi pasukan ke seluruh daerah saat Pilkada

Dia melanjutkan tahap kedua pengembangan Sistem Interoperabilitas Kodal (SIK) mencakup integrasi data militer dari seluruh komando utama operasi (kotama ops).

“Tahap ketiga integrasi dengan seluruh alutsista TNI, dan tahap keempat berupa pembuktian konsep interoperability pada operasi gabungan TNI sehingga keterlibatan industri pertahanan darat dalam Sistem Interoperabilitas Kodal TNI sangat diperlukan, karena industri bagian integral dari strategi pertahanan,” kata Panglima TNI dalam pidatonya.

Pada 12 Juni 2024, TNI resmi menerima Sistem Interoperabilitas Kodal (SIK) buatan Scytalys, perusahaan yang fokus memproduksi sistem dan perangkat lunak pertahanan yang bermarkas di Yunani.

Baca juga: PT PAL Indonesia perkuat alutsista TNI lewat dua kapal perang

Scytalys dalam laman resminya menjelaskan SIK mendukung interoperabilitas TNI dalam kerangka network-centric warfare (NCW). Teknologi utama dari sistem itu, sebagaimana dikutip dari sumber yang sama, ialah Pusat Komando dan Kontrol (C2) mutakhir.

Dalam program pengembangan SIK, ada juga standarisasi data link nasional (INDL) yang menjadi pedoman data link untuk mendukung interoperabilitas TNI termasuk tiga matranya, yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara. Sistem itu juga memungkinkan TNI memiliki gambaran operasional umum dari tiga matra TNI dan Mabes TNI yang didukung MIMS C2 dan ULS.

Dalam laman yang sama, perusahaan pengembang sistem itu menyebut mereka juga telah membantu memasang stasiun monitoring dan pengawasan terintegrasi untuk TNI di Natuna, perairan terdepan Indonesia yang menghadap langsung ke Laut China Selatan.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024