Madrid (ANTARA News) - Lima fakta tentang Atletico Madrid, setelah mereka mengalahkan saingan berat mereka dari Spanyol, Barcelona, untuk maju ke babak semi final kompetisi sepak bola Liga Champions.

(1) Atletico Madrid bangkit dari keterpurukan mereka dalam sepak bola selama empat dekade ini. Mereka maju ke babak semi final Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 1974.

(2) Mereka bergabung dengan Real Madrid dalam undian Jumat dan bila mereka maju lagi makan akan terjadi ulangan semi final Piala Eropa 1959.

Real butuh laga ulang untuk memenangi laga seperti ketika pemain legenda Alfredo di Stefano dan Ferenc Puskas mencetak angka kemenangan 2-1.

(3) Koke, pencetak gol pertama Atletico ketika melawan Barcelona, bergabung dengan klub itu pada usia delapan tahun dan melakukan debut ketika berusia 17 tahun ketika menang 5-2 di Barcelona. Pemain Barcelona Xavi mengatakan menjelang laga perempat final bahwa Koke akan menggantikannya dalam tim nasional Spanyol.

(4) Mantan pemain internasional Argentina dan pemain Atletico Diego Simeone menjadi pelatih pada Desember 2011 ketika Atletico hanya empat poin terpaut di atas zona degradasi. Pada tahun pertama ia menangani klub itu, tim itu meraih gelar juara Liga Eropa, Piala Super Eropa dan Copa del Rey.

(5) Atletico Madrid berjuang keras mengatasi masalah keuangan yang menggunung. Pada 2013 mereka harus menjual striker Radamel Falcao ke Monaco seharga 60 juta euro (83 juta dolar AS) ketika utang mereka mencapai 170 juta euro, meski beberapa pengamat menyebutkan utang mereka bahkan mencapai 300 juta euro.

(A008)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014