Jakarta (ANTARA) -
Tahukah Anda? Vitamin E merupakan nutrisi penting yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Makanan dan buah-buahan yang kaya vitamin ini memberikan manfaat kesehatan yang cukup besar.
 
Dapat diketahui, beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin E yang larut dalam lemak dan bertindak sebagai antioksidan, dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.
 
Selain itu, vitamin E bermanfaat untuk kesehatan kulit, penglihatan, dan sistem kekebalan tubuh, serta diduga mendukung fungsi kognitif dan mencegah penurunan memori.
 
Wajib diketahui, kekurangan vitamin E dapat menyebabkan kerusakan retina pada mata, melemahnya otot, dan penurunan daya tahan tubuh. Namun, kelebihan vitamin E juga dapat menimbulkan gejala seperti diare, mual, dan kelelahan.
 
Kendati demikian, untuk memenuhi kebutuhan vitamin E pada tubuh. Anda harus mengkonsumsi beberapa makanan serta buah-buahan yang mengandung akan vitamin E, diantaranya yaitu:
 
10 makanan dan buah yang mengandung Vitamin E
 
Vitamin E dapat diperoleh dari berbagai sumber pangan utama vitamin E meliputi buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak nabati,dan hewani. Berikut beberapa jenisnya.
 
1. Biji bunga matahari
 
Biji bunga matahari kaya akan nutrisi dan dapat membantu memenuhi kebutuhan serat untuk kesehatan sistem pencernaan. Selain sebagai camilan yang lezat, biji bunga matahari juga bisa ditambahkan ke yogurt, oatmeal, atau salad. Setiap 100 gram biji bunga matahari mengandung 35,17 miligram (mg) vitamin E.
 
2. Kacang almond
 
Kacang almond merupakan salah satu sumber vitamin E yang sangat kaya. Vitamin E dalam almond bertindak sebagai antioksidan, melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Dalam setiap 100 gram almond, terdapat 25,63 mg vitamin E. Almond bisa dinikmati sebagai camilan panggang, ditambahkan ke sereal dan produk makanan lainnya, atau dikonsumsi dalam bentuk susu almond.
 
3. Kacang tanah

Kacang tanah juga mengandung vitamin E, meskipun dalam jumlah yang lebih rendah dibandingkan dengan kacang almond atau biji bunga matahari. Kacang tanah panggang kering mengandung 4,93 mg vitamin E per 100 gram. Disarankan untuk Anda, sebaiknya pilih kacang tanah yang polos dan dipanggang kering, dan hindari varian yang mengandung garam atau perasa tambahan.
 
4. Beberapa jenis minyak

Beberapa minyak memiliki kandungan vitamin E yang sangat tinggi, meskipun mereka juga mengandung lemak dan kalori dengan sedikit nutrisi lainnya. Berikut merupakan kadar vitamin E per satu sendok makan dari beberapa jenis minyak:

- Minyak biji gandum: 20,32 mg
- Minyak dedak padi: 4,39 mg
- Minyak biji anggur: 3,92 mg
- Minyak safflower: 4,64 mg
 
5. Buah alpukat

Buah alpukat merupakan buah serbaguna dengan kandungan gula rendah dan kaya nutrisi. Setiap 100 gram alpukat mengandung 2,07 mg vitamin E. Selain itu, porsi yang sama juga menyediakan 10 mg vitamin C, menjadikannya tambahan sehat untuk berbagai makanan dan camilan.
 
6. Sayur bayam
 
Sayur bayam mengandung akan vitamin E, dalam setiap 100 gram bayam, terdapat sekitar 2,03 mg vitamin E. Vitamin E dalam bayam berfungsi sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.
 
7. Sayur bit

Sayur bit mengandung vitamin E, meskipun dalam jumlah yang relatif kecil. Dalam setiap 100 gram bit, terdapat sekitar 0,3 mg vitamin E. Meskipun kontribusinya terhadap asupan vitamin E tidak besar, bit tetap merupakan sayuran yang kaya nutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan.
 
8. Brokoli

Brokoli mengandung vitamin E, meskipun dalam jumlah yang relatif kecil. Dalam setiap 100 gram brokoli rebus, terdapat sekitar 0,8 mg vitamin E. Meskipun tidak dalam jumlah besar, brokoli tetap berkontribusi pada asupan vitamin E dan memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya.

9. Ikan salmon

Ikan salmon, yang merupakan salah satu sumber vitamin E dari produk hewani. Dalam setiap 100 gram fillet salmon, terdapat sekitar 4 mg vitamin E. Vitamin E dalam salmon berfungsi sebagai antioksidan, mendukung kesehatan dan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.
 
10. Ikan trout
 
Satu porsi ikan trout seberat 100 gram mengandung 2,15 mg vitamin E. Selain itu, ikan trout juga kaya akan asam lemak omega-3 yang menyehatkan, dan porsi yang sama menyediakan 21,11 gram protein.
 
Dengan memasukkan berbagai makanan dan buah yang kaya akan vitamin E dalam pola makan harian Anda, Anda tidak hanya meningkatkan asupan nutrisi yang penting untuk kesehatan, tetapi juga memperkaya pola makan dengan variasi yang sehat. Selalu pilih makanan segar dan seimbang untuk memperoleh manfaat maksimal dari vitamin E.
 

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024