Jakarta (ANTARA) - Vitamin C adalah sebutan untuk asam askorbat, senyawa kimia yang memberikan peran besar untuk menjaga kesehatan tubuh dan pembentukan jaringan.

Setiap orang dewasa atau yang sudah berusia 17 tahun ke atas membutuhkan konsumsi vitamin C sebanyak 90 mg per hari. Vitamin C yang masuk ke dalam tubuh, setelah diserap manfaatnya kemudian dibuang melalui urine.

Konsumsi vitamin C yang cukup berguna untuk kesehatan dalam menaikkan sistem kekebalan pada tubuh dan melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Kesehatan yang terjaga menunjang setiap orang untuk berkegiatan lebih aktif dan produktif, dibandingkan saat tubuh merasa sakit. Vitamin C diketahui bermanfaat untuk menjaga daya imun setiap orang.

Umumnya, jika tubuh kekurangan vitamin C seseorang akan mengalami mual dan lemas, sehingga nafsu makan menurun. Hal ini tentunya dapat mengganggu kegiatan aktivitas keseharian.

Guna menghindari masalah tersebut, penting bagi Anda untuk mengenali tanda-tanda penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C berikut ini:

1. Menjadi mudah lelah

Apabila kebutuhan vitamin C tidak terpenuhi, penyerapan jaringan dalam tubuh menjadi tidak seimbang dan bisa menimbulkan anemia.

Hal ini dapat mempengaruhi kondisi tubuh mudah ngantuk dan dapat mempengaruhi kegiatan aktivitas karena perubahan mood.


2. Kulit terasa kering

Penggunaan vitamin C memberikan manfaat yang baik dalam kesehatan kulit menjadi lebih lembab dan teroksidasi. Namun, apabila Anda kekurangan vitamin C kulit akan menjadi kering.


3. Nyeri pada persendian

Nyeri sendi juga menjadi salah satu tanda kekurangan vitamin C.

Konsumsi vitamin C yang tepat dapat mengurangi risiko timbulnya rasa nyeri dan pembengkakan di persendian.


4. Luka yang sulit untuk disembuhkan

Vitamin C memiliki kandungan kolagen yang berperan baik dalam penyembuhan luka.

Apabila tubuh Anda mengalami luka dan sulit disembuhkan, itu menjadi salah satu tanda kekurangan vitamin C.


5. Imunitas menurun

Dalam kondisi ini menjadikan sangat rentan bagi tubuh yang tidak mengkonsumsi atau kekurangan vitamin C.

Hal ini dapat menurunkan imunitas menjadi tidak stabil pada seharusnya. Dengan demikian nutrisi pada vitamin C sangatlah penting bagi sistem imun dalam tubuh.


Baca juga: Apa saja manfaat vitamin C?
Baca juga: 10 buah dengan kandungan vitamin C terbaik untuk tubuh



Penyakit akibat kekurangan vitamin C

​​​​​​
Kekurangan vitamin C juga dapat menimbulkan sejumlah penyakit, berikut di antaranya:

1. Anemia

Salah satu penyakit akibat kekurangan vitamin C yaitu anemia. Pada kondisi ini dapat membuat Anda menjadi mudah lelah, pusing dan penurunan berat badan.

Anemia disebabkan penurunan kadar jumlah sel darah merah yang terdapat dalam tubuh. Vitamin C memiliki manfaat untuk menyerap zat besi, sehingga turut membantu pencegahan penyakit anemia.


2. Skorbut

Skorbut adalah penyakit yang bisa diderita seseorang lantaran tubuhnya mengalami kekurangan konsumsi vitamin C selama 3 bulan atau lebih.

Skorbut tergolong penyakit langka yang mengakibatkan tubuh tidak dapat memproduksi vitamin C.

Gejala jangka pendeknya adalah kulit mudah merah, merasa lelah setiap saat, dan menjadi lebih sensitif.

Skorbut juga dapat membuat seseorang menderita anemia, kelelahan, pendarahan spontan, nyeri terutama di bagian kaki, serta bengkak-bengkak di beberapa bagian.

Tak jarang, skorbut juga membuat seseorang menderita luka di gusinya hingga kehilangan gigi.


3. Hipotiroidisme

Kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan penyakit hipotiroidisme. Kelenjar adrenal dan tiroid memiliki keterkaitan erat dalam bekerja sama untuk mempertahankan daya tahan tubuh.

Kekurangan vitamin C berpotensi meningkatkan stres terhadap kelenjar adrenal. Hal ini dapat berpengaruh besar pada tiroid yang akan membuat metabolisme menjadi melambat.

Baca juga: Manfaat vitamin E bagi kesehatan tubuh dan kulit
Baca juga: Berapa kebutuhan vitamin C dalam sehari?


 

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024