Kali ini kita mempunyai anak muda supaya adanya regenerasi. Kita juga melihat anak muda sekarang sangat banyak berperan di dalam kemajuan wastra dan juga desain dan lain-lain
Jakarta (ANTARA) - Ketua Pelaksana Kriyanusa 2024 Yanti Isfandiary Airlangga Hartarto mengatakan penyelenggaraan pameran kriya terbesar di Indonesia kali ini ingin mengangkat pengrajin muda untuk berperan dalam kemajuan wastra.

Kriyanusa tahun ini mengusung tema "Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya". Yanti menyebut, pameran tersebut berfokus pada penampilan pengrajin-pengrajin muda dan hasil karyanya yang telah dikurasi dengan ketat.

"Kali ini kita mempunyai anak muda supaya adanya regenerasi. Kita juga melihat anak muda sekarang sangat banyak berperan di dalam kemajuan wastra dan juga desain dan lain-lain," ujar Yanti dalam jumpa pers Kriyanusa 2024 di Jakarta, Senin.

Selama penyelenggaraan Kriyanusa, sebut Yanti, pameran ini selalu mengandalkan pengrajin-pengrajin daerah yang kompeten. Para pengrajin ini kemudian akan dikolaborasikan dengan anak muda di daerah tersebut sehingga menghasilkan karya-karya yang akan diperkenalkan dalam pameran.

Lebih lanjut, Yanti menyampaikan, Pemerintah sangat aktif dalam mendukung pengembangan sektor kerajinan tangan dan pengembangan pasar produk kerajinan tangan di Indonesia.

Oleh karena itu, Kriyanusa disebut sebagai wadah yang tepat untuk memamerkan hasil karya pengrajin dari seluruh daerah di Indonesia.

"Selama ini pemerintah sangat aktif untuk membantu para pengrajin, khususnya pengrajin daerah. Pengrajin-pengrajin diberikan kesempatan untuk mempunyai kreasi-kreasi di daerah yang sekarang kita kumpulkan di Jakarta," kata Yanti.

Sementara itu, Wakil Ketua Pelaksana Elizabeth Tjandra Thohir mengatakan, untuk meningkatkan minat pengrajin muda dan juga pengunjung muda terhadap pameran kriya tersebut, kegiatan ini berkolaborasi dengan berbagai perancang busana ternama untuk membuat produk yang unik dan juga kekinian.

Selain itu, Kriyanusa juga menggandeng Brightspot atau tempat berkumpulnya produk-produk UMKM lokal yang kreatif, inovatif dan kekinian.

"Penting sekali ya bagaimana kita meningkatkan pengrajin-pengrajin muda ini mungkin dari bekerja sama dengan kolaborasi fashion-fashion designer dan bagaimana kita meningkatkan produk-produk unggulan ini berkolaborasi dengan fashion designer jadi membuat suatu produk unik, kreatif dan sesuatu yang berbeda dan kekinian," ucap Yanti.

Kriyanusa diselenggarakan pada 28 Agustus hingga 1 September 2024. Pameran ini merupakan pameran yang mewakili 4.699 generasi muda dari 19 Provinsi dari seluruh Indonesia yang telah berhasil mengikuti program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun dan Kriya.

Baca juga: KriyaNusa 2024 hadir sebagai wadah edukasi kerajinan
Baca juga: Pameran Karya Kreatif Indonesia hadir perdana di Tokyo
Baca juga: Kemenperin gandeng Dekranas promosikan kriya dan wastra Indonesia

 

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024