"Saya tadi nanya itu ke Mbak Airin, ya. 'Nanti mesti pakai ini loh, merah-hitam loh (saat pengumuman cakada PDIP)',"
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta bakal calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany mengenakan pakaian bernuansa merah-hitam saat pengumuman calon kepala daerah gelombang ketiga di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin.

"Saya tadi nanya itu ke Mbak Airin, ya. 'Nanti mesti pakai ini loh, merah-hitam loh (saat pengumuman cakada PDIP)'," ujar Megawati di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin.

Adapun warna merah-hitam identik untuk mencirikan PDIP. Oleh karena itu, Presiden Kelima RI menilai Airin harus menggunakan pakaian bernuansa merah-hitam lantaran partai berlambang banteng moncong putih itu sudah mendukungnya untuk maju dalam Pilkada Banten 2024.

"Iyalah, mau dijadikan (bakal calon gubernur), tapi coba masa tidak pakai merah-hitam," katanya.

Megawati juga menyarankan Airin yang tidak mendapatkan dukungan dari Golkar untuk maju melalui jalur perseorangan atau independen. Sementara itu, jalur tersebut sudah tutup sudah pada Mei 2024.

"Eh bagaimana? Terus maunya jadi apa? Jadi independen? Ya, cari independen, betul tidak?" tanya Megawati ke para hadirin.

"Betul," jawab kader yang hadir.

Dia menjelaskan apabila Airin mau masuk ke sebuah partai dalam hal ini mendapatkan dukungan dari partai tersebut, dia harus totalitas menyesuaikan diri dengan PDIP.

"Loh itu fair, iya dong. Kalau mau masuk sebuah partai ya, masuk, kalau tidak, tidak," tegasnya.

Berdasarkan pantauan, Airin dan Ade yang diusung oleh PDIP itu tiba pada pukul 12.56 WIB di ruangan auditorium DPP PDIP secara bersama-sama.

Airin tampak memakai pakaian batik bernuansa warna merah dan putih serta kerudung warna putih yang senada. Sedangkan Ade memakai seragam khusus PDIP yang berwarna merah dengan lambang banteng di sebelah kiri kemeja.

Ketika memasuki ruangan, keduanya langsung menyapa beberapa pengurus DPP PDIP yang telah lebih dahulu hadir, salah satunya Ketua DPP PDIP Yasonna H. Laoly.

Adapun pada hari ini PDIP resmi memberikan dukungan kepada Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Banten 2024.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024