Mungkin bisa kami replikasi di kota-kota lain kalau misalnya ada pendanaan...
Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) membuka peluang menambah lokus atau daerah pelaksanaan Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD).
 
"Nanti kalau kami melihat memang ini menggembirakan perkembangannya, kami akan mungkin bisa mereplikasi di kota-kota lain," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa (PEID) Kemendes PDTT Harlina Sulistyorini kepada wartawan usai menghadiri pembukaan Workshop Nasional TEKAD di Jakarta, Senin.
 
Hal tersebut disampaikan Harlina untuk menanggapi pertanyaan wartawan mengenai kemungkinan penambahan daerah pelaksanaan Program TEKAD. Diketahui, Kemendes PDTT saat ini memfokuskan pelaksanaan Program TEKAD di Indonesia Timur yang meliputi wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Pegunungan, Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Barat Daya, dan Papua Barat.

Baca juga: Kemendes gandeng pemda upayakan keberlanjutan Program TEKAD
 
Harlina pun menyampaikan sejumlah hal yang akan dipertimbangkan Kemendes PDTT apabila hendak memperluas lokus Program TEKAD, yakni terkait dengan pendanaan program dan potensi pengembangan ekonomi yang dimiliki desa.
 
"Mungkin bisa kami replikasi di kota-kota lain kalau misalnya ada pendanaan, kalau kita lihat memang ini sangat potensial," kata dia.

Baca juga: Wamendes: Program TEKAD pacu masyarakat desa lebih mandiri
 
Diketahui Program TEKAD merupakan salah satu program prioritas nasional yang bertujuan memberdayakan masyarakat desa agar mereka mampu berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang cepat, dan berkelanjutan. Di samping itu, Program TEKAD juga bertujuan menciptakan dan memperluas kesempatan ekonomi serta memastikan akses pengembangan ekonomi yang lebih luas bagi semua lapisan masyarakat (inklusif) di Indonesia Timur.
 
Dalam kesempatan yang sama Harlina menyampaikan sejak dilaksanakan pada 2020 terdapat 1.110 desa yang telah dibina Kemendes PDTT melalui Program TEKAD.
 
"Terkait dengan capaian-capaian, seperti tadi saya sampaikan bahwa lokasi desa yang kami  bina dari TK sudah mencapai 1.110 desa," ujar dia.

Baca juga: Mendes sebut program TEKAD jadi solusi memajukan kampung-kampung

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024