Jakarta (ANTARA) - PDI Perjuangan (PDIP) resmi mengusung Jenderal TNI (purn) Andika Perkasa dan mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi alias Hendi untuk maju dalam Pilkada Jawa Tengah (Jateng).

Pengusungan itu diumumkan secara resmi oleh Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dalam acara Pengumuman Bakal Calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah Gelombang Tiga di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin.

Setelah diumumkan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyerahkan secara langsung Surat Keputusan (SK) DPP PDIP kepada Andika dan Hendrar.

Adapun dalam acara itu, PDIP mengumumkan 60 calon kepala daerah yang terdiri dari enam bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur, 38 bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati, serta 16 bakal calon walikota dan bakal calon wakil walikota.

Berikut nama-nama bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur yang resmi diusung untuk Pilkada Serentak Tahun 2024:

1. Sulawesi Utara: Steven Kandouw - Letjen TNI (Purn) Alfred Denny Djoike Tuejeh.

2. Banten: Airin Rachmi Diany - Ade Sumardi.

3. Jawa Tengah: Jenderal TNI (purn) Andika Perkasa - Hendrar Prihadi atau Hendi.

4. Gorontalo: Hamzah Isa - Andurrahman Abubakar Bahmid.

5. Nusa Tenggara Timur (NTT): Yohanis Fransiskus Lema - Jane Natalia Suryanto.

6. Kalimantan Utara: Andi Sulaiman - Andri Partono.

Hadir dalam acara tersebut adalah Ketua DPP PDIP, di antaranya Komaruddin Watubun, Djarot Saiful Hidayat, Deddy Sitorus, Adian Napitupulu hingga Basuki Tjahja Purnama.

Terlihat hadir pula putra Megawati yang juga Ketua DPP PDIP bidang Ekonomi Kreatif Prananda Prabowo, Menseskab yang juga kader PDIP Pramono Anung, Menteri PPPA Bintang Puspayoga, serta mantan Menkumham Yasonna H. Laoly.

Sebagai informasi, PDIP telah mengumumkan 305 bakal calon kepala daerah yang diusung pada Pilkada 2024 saat pengumuman gelombang pertama tanggal 14 Agustus.

Kemudian, mengumumkan 169 bakal calon kepala daerah dari PDIP pada gelombang kedua tanggal 22 Agustus.

Adapun pada hari ini PDIP mengumumkan calon kepala daerah pada gelombang ketiga.

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024