Jakarta (ANTARA) - Pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) kembali digelar tahun ini yang tidak hanya akan memanjakan pengunjung dengan karya seni yang indah, tetapi juga memberikan edukasi tentang teknik-teknik kerajinan tangan.

Acara tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan artis-artis kondang seperti Nassar, Novia Bachmid, dan Dewa agar bisa menggugah kaum muda untuk datang dan ikut melestarikan kerajinan dari Nusantara.

“Kegiatan KriyaNusa kali ini bukan hanya akan menampilkan para perajin kriya, tapi juga artis-artis ya supaya para kaula muda ini datang. Jadi tujuannya memang menarik pengunjung,” kata Ketua Acara Harian KriyaNusa Sri Bahlil Lahadalia saat konferensi pers di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta, Senin.

Baca juga: Dekranasda Kaltim matangkan persiapan ikuti Kriyanusa 2024

Baca juga: Pameran Kriyanusa 2023 catat nilai transaksi capai Rp 19 milyar


Selain menikmati berbagai produk kerajinan, pengunjung juga bisa berbelanja dan menikmati kuliner Nusantara yang tersedia di stand kuliner.

Sri menambahkan GriyaNusa juga menjadi platform untuk silaturahmi antar perajin dari seluruh Indonesia, dengan harapan meningkatkan daya saing produk kerajinan lokal di tingkat nasional dan internasional.

Dengan adanya kegiatan workshop, business matching, dan partisipasi desainer, acara ini diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi dan promosi kerajinan Indonesia secara menyeluruh.

"Pasti juga akan ada semacam business matching juga seperti itu. Jadi mungkin dari daerah Indonesia bagian barat nanti juga akan bisa berkolaborasi dengan para perajin dari Indonesia bagian timur. Itu tentunya akan disini harapannya juga akan terjadi transaksi," ujar Sri.

Adapun, GriyaNusa digelar pada 28 Agustus hingga 1 September 2024 mendatang dengan tema “Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya” di Hall A dan Hall B Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat.

Acara kriya tersebut akan dibuka dengan kehadiran Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ketua Umum Dekranas Wury Ma’aruf Amin serta tamu undangan dari Dekranas dan asosiasi terkait.

Baca juga: Produk kerajinan unggulan Sumbar unjuk gigi di Kriyanusa 

Baca juga: Agregator dinilai penting tingkatkan bisnis UMKM Kriya

Baca juga: Kemenperin: Industri kriya bertahan di tengah pandemi andalkan inovasi

 

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024