Jakarta (ANTARA) - Pembalap McLaren Lando Norris mengatakan performa mobilnya "luar biasa" saat mencegah Max Verstappen meraih kemenangan keempatnya di Sirkuit Zandvoort, Belanda saat ia menaklukkan pembalap tuan rumah itu dengan 22,896 detik pada Formula 1 (F1) 2024 seri ke-15, Minggu (25/8).

Norris yang berada di posisi terdepan mulanya kehilangan keunggulannya dari Verstappen di tikungan 1. Pembalap Inggris itu kemudian kembali mengambil alih posisi teratas dari sang juara bertahan dunia pada Lap 18 dari 72.

Dari situ, Norris tak terhentikan di posisi pertama dan melewati garis finis dengan keunggulan 22,896 detik dari Verstappen dan 25,439 detik dari Charles Lecrerc di posisi ketiga.

Ini merupakan kemenangan F1 kedua Norris setelah kemenangan debutnya di Miami pada Mei lalu.

“Saya tidak akan mengatakan balapan yang sempurna karena Lap 1 lagi, tapi setelahnya kecepatannya sangat kuat, mobilnya luar biasa hari ini. Saya bisa merasa nyaman, saya bisa mendorong dan melewati Max yang merupakan hal utama dan mulai dari sana," kata pembalap 24 tahun itu, dikutip dari laman resmi F1, Senin.

“Ada perasaan yang menyenangkan di dalam mobil dan terutama saat saya melewatinya. Saya bisa merasa nyaman, saya bisa mendorong, saya memiliki udara bersih dan itu selalu sangat membantu," tambahnya.

Baca juga: Norris taklukkan Verstappen pada balapan utama GP Belanda

Setelah memenangi balapan, Norris memberikan penghormatan kepada para penggemar yang telah menunjukkan dukungan padanya di Zandvoort, trek yang sebelumnya hanya menyaksikan Verstappen meraih kemenangan di F1 sejak 2021.

“Kami memiliki begitu banyak penggemar di sini! Indah sekali, saya punya banyak fans Belanda dan suporter Belanda jadi saya berterima kasih banyak,” kata pria kelahiran Bristol itu.

Kemenangan di Zandvoort membuat Norris terus memangkas jarak poinnya dengan Verstappen yang kini berjarak 70 poin dari yang sebelumnya 76 poin.

Norris berada di posisi kedua dengan 225 poin dan Verstappen berada di posisi puncak dengan 295 poin. Lecrerc yang baru saja kembali naik podium setelah GP Hungaria menjaga posisi ketiganya dengan 192 poin.

Sementara itu, di klasemen konstruktor, rekan setim Norris, Oscar Piastri yang finis posisi keempat di Zadvoort turut membawa McLaren mendekati Red Bull di puncak klasemen dengan hanya selisih 30 poin.

Baca juga: Norris rebut pole GP Belanda usai unggul tipis atas Verstappen

Baca juga: Statistik Grand Prix Belanda di Zandvoort

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024