Kuota CPNS yang diberikan untuk Natuna sebanyak 25 orang
Natuna (ANTARA) - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk penempatan di wilayah perbatasan yakni Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri).

Kepala Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Pencarian dan Pertolongan Basarnas Anggit Mulyo Satoto di Natuna, Senin, mengatakan jabatan CPNS yang dibuka yakni pranata pencarian dan pertolongan pemula dengan kualifikasi pendidikan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) sederajat dan persamaan SLTP (paket C).

Rekrutmen ini berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) RI Nomor 293 Tahun 2024 tanggal 2 Juli 2024 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan instansi pemerintah tahun anggaran 2024.

Pendaftaran telah dibuka sejak 20 Agustus 2024 dan berakhir pada 6 September 2024.

"Kuota CPNS yang diberikan untuk Natuna sebanyak 25 orang," ucap dia.

Baca juga: Formasi CPNS Basarnas 2024 dan tahapan seleksinya

Bagi yang berminat, ia menyarankan segera mendaftar dan mempersiapkan diri, dengan menambah pengetahuan seputar tugas dan fungsi Basarnas serta melatih fisik. Sebab, kata dia, seleksi yang akan diikuti meliputi kompetensi akademik dan fisik.

"Setelah lulus administrasi, pelamar akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan hasilnya tes ini langsung bisa dilihat setelah selesai seleksi, kemudian dilanjutkan dengan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) berupa Samapta," ujar dia.

Untuk seleksi Samapta atau fisik, pelamar akan diminta untuk berlari , pull up, push up dan sit up, yang setiap gerakannya diberikan ketentuan waktu.

Ia berharap peminat CPNS Basarnas didominasi anak-anak Natuna agar kedepannya pimpinan Basarnas di wilayah setempat merupakan anak lokal.

"Ada juga renang dengan jarak 50 meter," imbuh dia.
 
Baca juga: Basarnas RI lakukan uji Lakops di tiga daerah tahun ini
Baca juga: Basarnas optimalkan sinergi penyelamatan kecelakaan udara di Indonesia

Pewarta: Muhamad Nurman
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024