Kami masih menunggu kebijakan pusat mengenai sampai kapan penghentian sementara KA Baturraden Ekspres.
Purwokerto (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali menghentikan sementara perjalanan KA Baturraden Ekspres relasi Purwokerto-Bandung pergi pulang (PP) mulai 1 September 2024 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Namun bagi masyarakat yang ingin bepergian dari Kota Bandung ke Purwokerto ataupun sebaliknya masih dapat menggunakan alternatif kereta api lain, yaitu KA Serayu relasi Pasar Senen-Kiaracondong-Purwokerto," kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin.

Dia mengatakan KA 252 Serayu relasi Pasarsenen-Kiaracondong-Purwokerto diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen pada pukul 09.25 WIB, dan KA 256A Serayu relasi Pasarsenen-Kiaracondong-Purwokerto diberangkatkan pada pukul 20.05 WIB.

Sedangkan KA 251 Serayu relasi Purwokerto-Kiaracondong-Pasarsenen diberangkatkan dari Stasiun Purwokerto pada pukul 06.30 WIB, dan KA 255 Serayu relasi Purwokerto-Kiaracondong-Pasarsenen diberangkatkan dari Stasiun Purwokerto pada pukul 16.45 WIB.

Lebih lanjut, Anne mengatakan terhitung mulai 1 September 2024, KAI menghidupkan kembali perjalanan KA Mutiara Timur relasi Ketapang-Surabaya Pasarturi PP yang sudah hampir 2 tahun tidak beroperasi.

Menurut dia, KA Mutiara Timur berangkat dari Stasiun Ketapang pada pukul 21.45 WIB dan dari Stasiun Surabaya Pasarturi pukul 08.55 WIB.

"Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Terkait dengan penghentian sementara KA Baturraden Ekspres, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Feni Novida Saragih mengatakan hal itu merupakan kebijakan Kantor Pusat PT KAI (Persero).

Dalam hal ini, kata dia, Kantor Pusat PT KAI (Persero) akan melakukan evaluasi terhadap KA Baturraden.

"Kami masih menunggu kebijakan pusat mengenai sampai kapan penghentian sementara KA Baturraden Ekspres," katanya pula.

KA Baturraden Ekspres pertama kali dioperasikan pada tanggal 25 Juni 2021 yang melayani relasi Purwokerto-Cikampek-Bandung PP, namun tidak lama berselang perjalanan kereta api tersebut dihentikan seiring dengan adanya pandemi COVID-19.

Selanjutnya pada momentum liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, KAI kembali mengoperasikan KA Baturraden Ekspres sejak 22 Desember 2022 hingga saat ini.

Akan tetapi relasi yang dilayani KA Baturraden Ekspres tidak lagi Purwokerto-Cikampek-Bandung, melainkan Purwokerto-Kroya-Bandung atau lintas selatan.
Baca juga: KAI kembali jalankan KA Baturraden Ekspress pada Natal dan tahun baru
Baca juga: KAI alihkan perjalanan KA Serayu dan Baturraden Ekspress

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024