Jakarta (ANTARA) - Vitamin C adalah nutrisi penting yang diperlukan untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Vitamin jenis ini banyak ditemukan di berbagai buah-buahan maupun sayuran.

Untuk menjaga kesehatan dan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, Anda perlu menyertakan buah-buahan dalam menu makanan setiap hari. 

Lalu apa saja jenis buah-buahan yang mengandung vitamin C? Berikut penjelasannya:

Jenis buah-buahan mengandung vitamin C

1. Jeruk

Jeruk, termasuk jenis variasi seperti lemon dan limau, adalah salah satu sumber vitamin C yang paling dikenal. Satu buah jeruk mengandung sekitar 53 mg vitamin C.

Jeruk adalah pilihan tepat untuk meningkatkan asupan vitamin C harian. Selain vitamin C, jeruk juga mengandung serat dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

2. Kiwi

Kiwi mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Satu buah kiwi mengandung sekitar 60 mg vitamin C yang dapat membantu mengurangi stres, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Stroberi

Stroberi adalah buah lainnya yang kaya vitamin C. Satu cangkir stroberi mengandung sekitar 90 mg vitamin C.

Buah ini tidak hanya memberikan rasa manis dan asam yang lezat tetapi juga berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah berkelir merah ini juga mengandung antioksidan dan flavonoid yang dapat membantu melawan peradangan.

4. Jambu biji

Jambu biji salah satu buah dengan kadar vitamin C yang tinggi. Satu buah jambu biji mengandung 126 mg vitamin C. Selain itu buah ini juga kaya akan antioksidan likopen dan serat yang baik untuk kesehatan.

5. Pepaya

Pepaya memiliki kandungan vitamin C sekitar 90 mg yang dapat membantu mengisi nutrisi harian Anda. Selain vitamin C, buah ini juga kaya karoten, flavonoid, vitamin B, folat, serat, magnesium, dan potasium.

6. Melon

Setengah cangkir buah melon umumnya mengandung 30 mg vitamin C. Melon memiliki beragam nutrisi dari potassium, magnesium, karotenoid, flavonoid, tembaga, dan vitamin B. Melon menjadi buah dengan sumber yang bagus.

7. Tomat

Terdapat 20 mg vitamin C pada buah tomat. Buah ini salah satu buah yang bisa dijadikan sayur untuk asupan makanan sehari-hari yang memiliki khasiat dari kandungan vitamin C.

8. Mangga

Dengan mengonsumsi satu buah mangga, Anda mendapatkan sekitar 120 mg vitamin C yang terkandung pada buah ini. Buah manis ini juga mengandung vitamin A yang sudah terbukti secara ilmiah ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan pada mata.

9. Paprika merah

Meskipun buah ini idak memiliki rasa manis, tetapi paprika merah mengandung 95 mg vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

10. Nanas

Dengan mengonsumsi satu potong nanas, Anda bisa memperoleh 79,3 mg vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dari tubuh Anda dalam satu hari, menjadikannya buah ini tambahan yang bagus untuk dikonsumsi.

Baca juga: Apa saja manfaat vitamin C?

Baca juga: Orang-orang yang dapat memperoleh manfaat dari suplemen vitamin D

Baca juga: Kurangnya vitamin D tingkatkan risiko alergen pada anak


Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024