ini adalah salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Lampung
Bandarlampung (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Proyek Strategis Nasional (PSN) Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) Bandarlampung, di Desa Relung Helok, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan.

"Hari ini akan kita resmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Bandarlampung, ini adalah salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Lampung," kata Jokowi di Desa Relung Helok, di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Senin.

Dia mengatakan bahwa SPAM Bandarlampung mulai dikerjakan sejak 2020 ini, untuk mengatasi problem besar terkait urusan air bersih untuk rumah tangga.

"PSN ini dikerjakan sejak 2020. Karena memang problem besar hampir di semua kota di negara kita ini adalah urusan air bersih untuk rumah tangga," kata dia.

Orang nomor satu di negeri ini mengatakan bahwa SPAM Bandarlampung yang telah jadi ini akan melayani lebih kurang 60 ribu rumah tangga.

"Ini adalah kapasitas yang sangat besar sekali," kata dia.

SPAM Bandarlampung ini, lanjut Presiden di bangun dengan anggaran yang tidak kecil melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) yang memiliki nilai proyek sebesar Rp1,38 triliun.

"Sehingga saya titipkan SPAM Bandarlampung ini ke Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana, agar didorong sehingga banyak warga yang menyambungkan sambungan rumah (SR)," kata dia.

Dalam kunjungan kerja kali ini ke Provinsi Lampung Presiden Jokowi mengunjungi Bendungan Margatiga di Lampung Timur, meresmikan Pasar Pasir Gintung di Bandarlampung dan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Bandarlampung di Lampung Selatan.

Baca juga: Presiden Jokowi resmikan Bendungan Margatiga Lampung
Baca juga: Presiden tinjau pelayanan kesehatan RSUD di Tanggamus Lampung

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024