Bendungan Margatiga ini sudah dilakukan pengerjaannya sejak 2017
Lampung Timur (ANTARA) - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung.
 
Presiden Joko Widodo tiba di area bendungan yang telah dimulai pengerjaannya sejak 2017 itu pada pukul 09.00 WIB, dan selanjutnya langsung melakukan peresmian sekaligus peninjauan area bendungan bersama sejumlah menteri seperti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan serta Pj Gubernur Lampung Samsudin serta unsur Forkopimda Kabupaten Lampung Timur.
 
"Bendungan Margatiga ini sudah dilakukan pengerjaannya sejak 2017, artinya sudah tujuh tahun lalu dikerjakan. Jadi kita bersyukur hari ini bisa difungsikan," ujar Jokowi di Lampung Timur, Senin.
 
Ia mengatakan bendungan tersebut dapat difungsikan untuk penyediaan sumber daya air bagi masyarakat serta daerah irigasi.
 
"Oleh karena itu saya resmikan Bendungan Margatiga yang ada di Kabupaten Lampung Timur hari ini," katanya.

Selain meresmikan Bendungan Margatiga Presiden Jokowi juga berkesempatan untuk melakukan penanaman pohon di pinggir bendungan, sebagai bentuk menjaga fungsi konservasi di infrastruktur sumber daya air di Lampung Timur itu.
 
Diketahui Bendungan Margatiga memiliki kapasitas tampung 42,31 juta meter kubik dan luas genangan 2.217,84 hektare.
 
Dalam kunjungan kerja kali ini, Presiden selain mengunjungi Bendungan Margatiga di Lampung Timur, orang nomor satu di Indonesia itu pun meresmikan Pasar Pasir Gintung di Bandarlampung dan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Bandarlampung di Lampung Selatan.

Baca juga: Presiden tinjau pelayanan kesehatan RSUD di Tanggamus Lampung
Baca juga: Presiden Jokowi cek harga bahan pokok di Pasar Kota Agung Lampung

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024