Kami imbau untuk waspada banjir, mengingat sejak dini hari hujan terus mengguyur hampir seluruh wilayah Kabupaten Bone Bolango
Kabupaten Bone Bolango (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, mengimbau warga untuk waspada terhadapbencana banjir.

"Kami imbau untuk waspada banjir, mengingat sejak dini hari hujan terus mengguyur hampir seluruh wilayah Kabupaten Bone Bolango," ucap Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bone Bolango Achryl Babyonggo, di Bone Bolango, Senin.

Ia mengungkapkan saat ini air mulai menggenangi Desa Bilungala, Kecamatan Bonepantai, akibat hujan yang belum reda tersebut.

Achryl mengatakan saat ini tim BPBD Kabupaten Bone Bolango telah menuju lokasi untuk memastikan penanganan banjir di daerah itu.

Baca juga: Intensitas hujan naik, Bone Bolango siaga bencana banjir & longsor

Ia meminta kepada masyarakat untuk memantau dan memperhatikan peringatan dini bencana dari pemerintah melalui berbagai media. Tetap waspada, kata dia, jika terdapat tanda-tanda akan terjadi bencana, tidak menetap atau membangun tempat tinggal, tempat usaha, atau kegiatan lainnya, baik individu maupun massal di wilayah rawan bencana.

Achryl mengatakan banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Bonepantai tersebut merendam rumah warga, toko, hingga jalanan.

Hingga saat ini pemerintah setempat masih melakukan pendataan dan penanganan cepat banjir di Desa Bilungala.

Baca juga: BPBD mendata dampak banjir dan longsor di Bone Bolango
Baca juga: BNPB: Dibutuhkan pemulihan listrik atasi dampak banjir di Gorontalo

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024