Jakarta (ANTARA) - PT Bank Mega Tbk atau Bank Mega menggandeng Visa Worldwide Indonesia guna meluncurkan fitur pembayaran lewat ponsel ‘Tap to Pay’ pada aplikasi mobile banking M-Smile.

Tap to Pay merupakan metode pembayaran yang memanfaatkan fitur Near Field Communication (NFC) pada EDC dengan menggunakan kartu kredit sebagai sumber dana. Dengan metode ini, nasabah dapat melakukan pembayaran dengan mengetuk ponsel ke mesin EDC.

“Tap to Pay menjadi cara baru melakukan pembayaran, karena para nasabah Bank Mega dapat melakukan transaksi pembayaran dengan cepat, bahkan untuk jumlah transaksi hingga Rp1 juta tidak diperlukan penggunaan PIN,” kata Wakil Direktur Utama Bank Mega Diza Larentie dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Sementara itu, Country Manager Visa Indonesia Vira Widiyasari mengatakan peluncuran fitur Tap to Pay ini sejalan dengan hasil studi Visa bahwa konsumen Indonesia semakin memilih pembayaran digital yang contactless, didorong oleh Generasi Y dan Z dan segmen orang kaya, yang mayoritasnya menggemari pembayaran menggunakan smartphone.

Baca juga: Bank Mega Syariah bidik pembiayaan rumah tumbuh 15-20 persen pada 2024

“Kami percaya teknologi Tap to Pay akan semakin memudahkan pembayaran di berbagai segmen masyarakat, baik konsumen maupun merchant,” ujar Vira.

Layanan transaksi pembayaran Tap to Pay disebut menjadi salah satu upaya bank dalam mendukung pemerintah pada Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

Metode pembayaran Tap to Pay dapat dilakukan melalui empat langkah. Pertama, buka aplikasi mobile banking M-Smile. Sealnjutnya, log in ke akun M-Smile.

Kemudian, pilih fitur Tap to Pay yang tersedia dalam aplikasi. Terakhir, nasabah bisa mendekatkan ponsel ke mesin EDC contactless.

“Dalam hitungan detik, transaksi pembayaran berhasil dilakukan,” ujar Diza.

Ia meyakini peluncuran fitur Tap to Pay menandakan Bank Mega menjadi salah satu pioneer yang menyediakan layanan transaksi pembayaran ini.

Baca juga: J Trust tanda tangani kerja sama pembiayaan KPA proyek The BRANZ

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024