Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan menarasikan dokumen rahasia Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bocor ke publik yang berisi bahaya vaksin polio.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Dokumen Rahasia BPOM Bocor: Vaksin Polio nOPV2 Membahayakan Kesehatan Publik Juli 30, 2024 https://investigasi.org/dokumen-rahasia-bpom-bocor.../...”

Namun, benarkah dokumen rahasia nyatakan bahaya vaksin polio bocor?

 

Unggahan yang menarasikan dokumen rahasia BPOM nyatakan bahaya vaksin polio bocor. Faktanya, BPOM menarasikan unggahan tersebut keliru. (Facebook)
Penjelasan:

BPOM dalam lamannya mengklarifikasi bahwa tautan dokumen yang dicantumkan dalam pemberitaan tersebut merupakan informasi publik yang dapat diakses masyarakat dan bukan merupakan dokumen rahasia sehingga tidak terjadi kebocoran dokumen rahasia. 

Informasi tentang dokumen rahasia BPOM bocor, yang dimuat dalam pemberitaan pada portal informasi Yayasan Advokasi Hak Konstitusional Indonesia (YAKIN) dengan tautan berikut, merupakan informasi yang tidak benar.

Vaksin Novel Oral Poliomyelitis Vaccine Type 2 (nOPV2) atau Vaksin Polio yang diproduksi PT Bio Farma telah melalui uji klinik fase 1, 2, dan 3 serta dievaluasi oleh BPOM bersama Komite Nasional (Komnas) Penilai Obat. 

Anggota Komnas Penilai Obat merupakan para pakar dengan berbagai bidang keahlian yang berasal dari perguruan tinggi, rumah sakit, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Indonesia Technical Advisory Group of Immunization (ITAGI), dan asosiasi klinisi lainnya.

Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, Vaksin Polio telah memenuhi persyaratan keamanan, khasiat, dan mutu, serta diberikan persetujuan izin edar pada Desember 2023. Dengan demikian vaksin ini aman digunakan dalam program Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio.

Vaksin ini juga telah memenuhi standar prequalification (PQ) WHO dalam hal mutu, keamanan, dan efektivitas, termasuk memenuhi standar Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dan Cara Uji Klinik yang Baik (CUKB). Saat ini, vaksin nOPV2 produksi PT Bio Farma merupakan satu-satunya vaksin nOPV2 di dunia dan telah digunakan di banyak negara.

BPOM, Kementerian Kesehatan, dan Komite Nasional Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (Komnas PP KIPI) terus memantau keamanan vaksin yang digunakan di Indonesia dan menindaklanjuti setiap isu KIPI.

BPOM juga mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan efek samping yang timbul setelah penggunaan vaksin dalam program imunisasi kepada tenaga kesehatan sebagai bagian dari pemantauan farmakovigilans.

Klaim: Dokumen rahasia BPOM nyatakan bahaya vaksin polio bocor

Rating: Disinformasi

Cek fakta: Disinformasi! BPOM bedakan warna tutup botol air mineral berdasarkan sumbernya

Cek fakta: Hoaks! Kopi kemasan di Indonesia mengandung bahan berbahaya

Baca juga: BPOM respon isu dokumen rahasia BPOM tentang vaksin nOPV2

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024