Jakarta (ANTARA) - Vitamin C yang dikenal sebagai asam askorbat (ascorbic acid) merupakan nutrisi penting yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Vitamin C adalah antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Sebagai antioksidan, vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kulit, sekaligus juga berperan penting dalam produksi kolagen, yang diperlukan untuk kesehatan kulit, tulang, dan kesehatan mata.

Selain itu, vitamin C membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mendapatkan vitamin C dari berbagai makanan, terutama buah-buahan seperti jeruk, kiwi, dan stroberi, serta sayuran seperti paprika dan brokoli.

Dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin C atau suplemen jika diperlukan, Anda dapat merawat kesehatan dan kecantikan kulit dengan lebih efektif.

Berikut ini berbagai manfaat vitamin C untuk kesehatan tubuh Anda, melansir berbagai situs resmi kesehatan.

Manfaat Vitamin C

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh : Vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih (limfosit dan neutrofil) yang penting untuk melawan infeksi.

2. Antioksidan : Membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan berpotensi menyebabkan berbagai penyakit.

3. Mendukung produksi kolagen : Kolagen adalah salah satu protein utama yang membentuk struktur kulit. Produksinya dapat menurun karena paparan radikal bebas dari lingkungan dan proses penuaan. Dengan memanfaatkan vitamin C untuk kulit dapat membantu mempertahankan produksi kolagen sehingga kulit tetap tampak sehat dan kencang.

4. Meningkatkan penyerapan zat besi : Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan, yang penting untuk mencegah anemia ini adalah kondisi di mana sel darah merah kekurangan zat besi. Sel darah merah membutuhkan zat besi untuk mengikat oksigen dan mendistribusikan nya ke seluruh tubuh, maka sangat membantu untuk meningkatkan penyerapan zat besi dengan konsumsi vitamin C.

5. Mempercepat penyembuhan luka : Vitamin C membantu proses penyembuhan luka dengan mendukung regenerasi sel dan jaringan.

6. Menjaga kesehatan mata : Vitamin ini mampu menghambat proses terjadinya penyakit katarak dan gangguan mata akibat kerusakan bagian retina yang disebut makula. Hal itu terjadi akibat kerusakan pada protein dan matriks ekstraseluler yang kaya akan kolagen sehingga dapat dicegah dengan suplementasi yang mengandung vitamin C.

 

Baca juga: Orang-orang yang dapat memperoleh manfaat dari suplemen vitamin D

Baca juga: Jasmine Nadya jaga stamina bekerja lewat atur jadwal padat dan vitamin

Baca juga: Kurangnya vitamin D tingkatkan risiko alergen pada anak


Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024