Jakarta (ANTARA) - Hari Anjing Sedunia diperingati setiap tanggal 26 Agustus untuk meningkatkan kepedulian terhadap kebutuhan anjing, termasuk kebutuhan nutrisinya.

Asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang juga penting untuk mendukung fungsi kekebalan tubuh, mengelola kondisi autoimun, dan melawan infeksi pada hewan seperti anjing.

Oleh karena itu, penting bagi para pemilik anjing untuk memastikan hewan peliharaan mereka mendapat makanan dengan kandungan nutrisi lengkap dan seimbang sesuai dengan kebutuhan.

Sebagaimana dikutip oleh The Hindustan Times pada Minggu (25/8), konsultan hewan kecil dari Mars Petcare di India, Dr. Umesh Kallahali, menyampaikan beberapa kiat berikut untuk memastikan anjing peliharaan mendapat asupan gizi lengkap dan seimbang.

Protein

Protein merupakan salah satu komponen penting dalam diet anjing yang diperlukan untuk pertumbuhan otot, perbaikan jaringan, produksi enzim dan hormon metabolisme, dan kesehatan secara keseluruhan.

Pastikan diet anjing mengandung protein berkualitas tinggi dari sumber seperti daging, unggas, ikan, dan telur guna membantu memenuhi kebutuhan asam amino esensial mereka dan mendukung kesejahteraan mereka secara keseluruhan.

Karbohidrat

Karbohidrat menyediakan energi yang dibutuhkan anjing untuk aktivitas sehari-hari.

Menyertakan karbohidrat kompleks dalam diet anjing dapat membuat mereka memiliki pasokan energi stabil sepanjang hari, menjaga stamina, dan menghindari fluktuasi kadar gula darah.

Sumber karbohidrat sehat untuk anjing antara lain berasal dari beras, kentang, ubi jalar, apel, dan pisang.

Baca juga: Tips pilih makanan kering untuk anabul tersayang

Vitamin & Mineral

Vitamin dan mineral penting untuk mengatur berbagai fungsi tubuh pada anjing. Diet yang seimbang harus mencakup vitamin seperti A, D, E, K, B1, B2, dan kolin, yang diperlukan untuk meningkatkan pertahanan alami mereka.

Selain itu, mineral seperti kalsium dan fosfor penting untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi. Seng, zat besi, dan selenium juga diperlukan bagi kesehatan anjing secara keseluruhan, termasuk kondisi kulit dan bulu.

Bahan makanan yang kaya vitamin A, C, dan K seperti blueberry, apel, brokoli, dan bayam bisa ditambahkan dalam makanan anjing untuk membantu pemenuhan kebutuhan vitamin dan mineralnya.

Asam Lemak Omega-6

Asam lemak Omega-6 dan Omega-3 penting untuk menjaga kesehatan keseluruhan anjing.

Lemak ini diperlukan untuk mendukung berbagai fungsi tubuh, termasuk fungsi otak dan kekebalan tubuh, serta kesehatan kulit dan bulu anjing.

Asam lemak esensial yang ditemukan dalam bahan seperti minyak ikan, biji rami, minyak jagung, dan minyak matahari ini dapat dimasukkan ke dalam diet anjing untuk memenuhi kebutuhan nutrisi penting mereka.

Produk makanan anjing dalam kemasan bisa menjadi pilihan cara praktis untuk memastikan hewan peliharaan mendapat asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang sesuai kebutuhan.

Baca juga: Rocco Dog pecahkan rekor MURI jalan sehat bersama anjing

Baca juga: Usia harapan hidup kucing dan anjing di Indonesia di bawah enam tahun

Penerjemah: Putri Hanifa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024