Jakarta (ANTARA) - Berikut rangkuman berita humaniora populer di Indonesia kemarin (Minggu, 25/8), mulai dari banjir bandang menewaskan 13 warga di Ternate, Maluku Utara hingga, Kemendikbudristek tetapkan Gereja Puhsarang Kediri jadi cagar budaya.

1) BNPB cepat tangani banjir bandang yang menewaskan 13 warga di Ternate

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan penanganan cepat dampak bencana banjir bandang yang menewaskan sebanyak 13 warga Kelurahan Rua, Ternate, Maluku Utara, Minggu.

Proses identifikasi terhadap 13 orang korban meninggal dunia untuk kemudian diserahkan kepada pihak keluarga tengah dilakukan. Begitupun terhadap dua orang korban yang mengalami luka-luka akibat terkena runtuhan material banjir bandang juga dipastikan sudah mendapat penanganan medis.

Simak selengkapnya di sini:


2) BMKG catat tidak ada kerusakan pascagempa di Bengkulu

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kepahiang menyebutkan bahwa hingga saat ini tidak ada bangunan yang mengalami kerusakan pasca terjadinya gempa berkekuatan magnitudo 5,2 di Bengkulu.

Pengamat Meteorologi dan Geofisika Muda BMKG Kepahiang Sabar Ardiansyah mengatakan bahwa untuk lokasi gempa dengan magnitudo 5,2 tersebut berada di 4.43 Lintang Selatan, 102.18 Bujur Timur (BT), tepatnya 59 kilometer Barat Daya Kabupaten Seluma dengan kedalaman 21 kilometer.

Simak selengkapnya di sini:


3) Pemkot Ternate tetapkan tanggap darurat bencana banjir bandang

Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menetapkan status tanggap darurat bencana banjir bandang di Kelurahan Rua, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate selama dua pekan ke depan.

Simak selengkapnya di sini:


4) Pakar UGM minta masyarakat tak khawatir berlebihan soal Megathrust

Pakar gempa Universitas Gadjah Mada (UGM) Gayatri Indah Marliyani meminta masyarakat tidak khawatir berlebihan soal potensi gempa Megathrust yang diprediksi bakal mengguncang Indonesia.

Sementara, Peneliti Pusat Studi Bencana Alam (PSBA) UGM Galih Aries Swastanto mengatakan pemerintah perlu memperhatikan penanggulangan bencana Megathrust ini sesuai Undang-Undang tentang Penanggulangan Bencana yang menyatakan bahwa penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab dan wewenang pemerintah.

Simak selengkapnya di sini:


5) Kemendikbudristek tetapkan Gereja Puhsarang Kediri jadi cagar budaya

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) secara resmi telah menetapkan Gereja Puhsarang, di Desa Puhsarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, sebagai cagar budaya.

Gereja Puhsarang Kabupaten Kediri memiliki keunikan tersendiri, terutama karena usianya yang mendekati satu abad. Dari berbagai sudut pandang lain, gereja ini menarik, terutama karena dirancang oleh arsitek Belanda yang mengadopsi arsitektur Jawa.

Simak selengkapnya di sini:
 

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024