Makassar (ANTARA) - Danamon Expo (DXPO) 2024 di Makassar memperkuat literasi dan digitalisasi keuangan melalui penguatan penggunaan transaksi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

"Pada DXPRO 2024 ini berbagai ragam produk layanan sekaligus melakukan literasi keuangan seperti mengelola dan mencapai tujuan finansial dan mensosialisasikan penggunaan transaksi QRIS," kata Consumer Lending Business Head PT Bank Danamon Indonesia, Tbk Enrico Sutarto di Makassar, Minggu.

Dia mengatakan, pada DXPO yang digelar oleh Danamon 2024 diantaranya melakukan edukasi kepada masyarakat agar tidak terlibat dengan pinjaman online ataupun judi online.

Termasuk menawarkan pembiayaan yang dapat membantu nasabah mengelola serta mencari tujuan finansial mereka secara legal.

Khusus sosialisasi penerapan QRIS dalam bertransaksi, Enrico mengatakan, disiapkan merchant untuk pengunjung melakukan transaksi dengan menggunakan keris baik untuk layanan konsumsi maupun produk layanan lainnya.


Baca juga: Danamon beri solusi finansial komprehensif di Danamon Expo 2024

Sementara itu Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Sulawesi Selatan melansir upaya dari pihak perbankan membantu sosialisasi digital keuangan khususnya penggunaan QRIS, pada periode Maret 2024 telah mencatat transaksi QRIS mencapai Rp1,1 triliun.

Angka tersebut tumbuh tinggi sekitar 156 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara volume transaksi telah menembus 8 juta kali atau tumbuh 116 persen (yoy).

Transaksi tersebut sejalan dengan banyaknya merchant QRIS yang bermunculan di lapangan. Hingga periode tersebut tercatat 958 897 merchant dengan jumlah pengguna mencapai 1.956.234 orang.

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024