Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh menegaskan sikap partainya mendukung pemerintahan ke depan yang bakal dipimpin Presiden terpilih Prabowo Subianto bersama Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Di hadapan Presiden Joko Widodo dan sekitar 10.300 kader yang hadir pada Kongres III Partai NasDem di JCC Jakarta, Minggu malam, Surya Paloh menyatakan dukungan NasDem kepada pemerintahan baru itu tidak diikuti dengan tuntutan jatah menteri kepada Prabowo.

"Partai ini berupaya untuk mempertahankan dignity-nya (martabat) dan integritas dirinya bukan sebagai partai yang pemberat bagi pemerintah yang didukungnya. Tapi, insyaallah berupaya menjadi peringan beban bagi pemerintah yang didukungnya. Bukan permasalahan kursi jabatan menteri yang diharapkan partai ini," kata Surya Paloh saat memberikan amanat dalam Kongres III Partai NasDem.

Dia melanjutkan NasDem akan menghargai pemerintahan Prabowo-Gibran manakala mereka mempertimbangkan gagasan dan ide partai.

"Ketika ide, pemikiran kami didengar, dan apalagi jika itu mampu kita jalankan, itu yang diperjuangkan Partai NasDem," kata Surya Paloh.

Baca juga: Jokowi hargai jiwa besar Partai NasDem turut dukung keberlanjutan

Pada kesempatan itu, Surya Paloh juga menegaskan bahwa NasDem bakal terus mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin sampai akhir masa kerjanya pada 20 Oktober 2024.

"Pada akhir masa bakti jabatannya, Presiden Jokowi akan tetap menjadi sahabat NasDem. Kami mengharapkan agar baktinya tetap berlanjut untuk kepentingan bangsa dan negara ini," kata Surya Paloh kepada Presiden Jokowi yang menghadiri acara kongres itu.

Baca juga: Jokowi merasa bernostalgia dengan Surya Paloh dan NasDem

Kongres III Partai NasDem Tahun 2024 dibuka Presiden Joko Widodo yang hadir mengenakan kemeja berwarna biru khas Partai NasDem.

Presiden, dalam acara itu juga sempat berpidato, dan menyebut NasDem merupakan partai yang konsisten mendukung dirinya saat maju pada pemilihan presiden (pilpres) selama dua periode, yaitu Pilpres 2014 dan 2019.

Dalam acara kongres, beberapa pimpinan partai politik hadir, salah satunya Ketua Umum DPP Partai Golkar Bahlil Lahadalia, kemudian ada juga politikus yang diusung NasDem saat Pilpres 2024, Anies Baswedan.

Baca juga: Kongres III NasDem, Surya Paloh tegaskan hidup tak cukup niat baik
Baca juga: Jokowi: Surya Paloh mitra diskusi politik yang banyak bertukar pikiran

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024