Gianyar, Bali (ANTARA) - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-17 menekuk Timnas India U-17 dengan skor 3-1 pada laga persahabatan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali, Minggu malam.

Tiga gol tim Merah Putih dieksekusi oleh Evandra pada menit ke-14 melalui penalti, kemudian Fandi Ahmad Muzaki dan Mierza Firjatullah.

Sedangkan satu-satunya gol Timnas Indis disumbangkan oleh Levis Zangminlun.

Timnas Indonesia U-17 tampil lebih dominan pada babak pertama melawan Timnas India U-17 pada laga persahabatan pertama yang dikawal wasit Thoriq Alkatiri.

Skuad Garuda Muda unggul lebih dulu 1-0 pada menit ke-14, setelah Evandra Florasta sukses mengeksekusi penalti.

Hadiah penalti didapatkan skuad Garuda Muda setelah pemain tim tamu melakukan pelanggaran kepada penyerang tuan rumah Mierza Firjatullah pada menit ke-13.

Saat itu, Mierza berusaha mencetak gol dengan memanfaatkan kekosongan gawang yang tak diantisipasi kiper India.

Di sisi lain, skuad asuhan pelatih Ishfaq Ahmed berusaha melakukan serangan balik ke lini pertahanan skuad tuan rumah yang saat itu mengenakan jersi berwarna merah.

Beberapa kali tendangan melengkung dilakukan tim lawan namun lini pertahanan yang rapat dari tim yang dipimpin kapten Putu Panji itu belum mampu ditembus.

Serangan berbahaya terus dilancarkan tim India dengan jersi biru itu salah satunya melalui Ahongshangbam Samson pada menit ke-24 melalui tendangan keras ke arah pojok kanan.

Namun, bola yang ditendang keras pemain nomor punggung 17 itu memantul mistar gawang.

Timnas Indonesia U-17 memiliki sejumlah peluang namun belum bisa dikonversi menjadi gol.

Garuda Muda nyaris kebobolan gol pada menit ke-40. Beruntung, bola dapat dihalau sang kapten, Putu Panji.

Pemain Indonesia terus melakukan tekanan dengan tempo tinggi ke tim India. Namun Indonesia unggul 1-0 hingga kedua tim turun minum.

Baca juga: Timnas U-17 perkuat taktikal jelang uji coba lawan India

Pada babak kedua anak asuhan Nova Arianto itu kembali mencetak gol kedua pada menit ke-50 melalui tendangan keras Fandi Ahmad Muzaki.

Gelandang tengah itu sukses mencetak gol setelah mendapatkan bola rebound dari Mierza Firjatullah yang membuat Indonesia unggul 2-0.

Tim India berusaha mengejar ketertinggalan dengan mencetak gol pertamanya dengan skor menjadi 2-1 yang dieksekusi gelandang Levis Zangminlun pada menit ke-52.

Pemain nomor punggung 13 itu mencetak gol dengan memanfaatkan bola rebound yang sebelumnya membentur tiang gawang dan tidak bisa diantisipasi kiper Indonesia, Dafa Setiawarman.

Tim Indonesia kembali mencetak gol ketiga melalui tendangan Mierza Firjatullah pada menit ke-62 yang tidak bisa diantisipasi kiper Suraj Singh.

Hingga lima menit tambahan waktu berakhir dan peluit panjang ditiup wasit tanda pertandingan berakhir, papan skor tetap 3-1 yang memberikan kemenangan kepada tim Garuda Muda.

Sementara itu, pertandingan persahabatan kedua antara Timnas Indonesia U-17 melawan India pada Selasa (27/8) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali.



Susunan pemain:

Indonesia:

Dafa Setiawarman (kiper), Dafa Fikri, Fabio Azkairawan, Putu Panji, Mathew Baker, Evandra Florasta, Lucas Raphael Lee, Daniel Alfrido, Mierza Firjatullah, Zahay Gholy, Aldyansyah Taher.

Pelatih Kepala: Nova Arianto.

India:

Suraj Singh (kiper), Karish Soram, Mohammed Kaif, Ngamgouhou Mate, Sumit Sarma, Thoungamba Singh Usham, Alongshangbam Samson, Levis Zangminlun, Muhammad Arbash, Vishal Yadav, Bharat Lairenjam.

Pelatih Kepala: Ishfaq AhmedBaca juga: Coach Nova ungkap Putu Panji cocok jadi kapten Timnas U-17

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024