Saya yakini di sana ada niat baik, ada nawaitu, ada keinginan berbuat baik
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh saat memberikan amanat pada Kongres III Partai NasDem Tahun 2024 di Jakarta, Minggu malam, menegaskan belajar dari Presiden Joko Widodo, bahwa untuk urusan kehidupan, termasuk dalam berpolitik, tidak cukup hanya mempunyai niat baik.

Surya Paloh, di hadapan Presiden Jokowi yang menghadiri Kongres III Partai NasDem, menjelaskan dari sosok Presiden Ke-7 RI itu, dirinya belajar bahwa politik membutuhkan niat baik dan strategi yang tepat.

"Dari pembelajaran ini, saya bisa memahami hidup memang bukan hanya bermodalkan niat baik semata-mata. Niat baik itu sewajarnya dan semestinya, tetapi juga harus ada strategi yang tepat. Begitu niat baik saja, strategi tidak tepat, nah! Bung Bahlil itu bisa menjawabnya sebagai adik saya," kata Surya Paloh yang langsung disambut riuh tepuk tangan kader Partai NasDem peserta kongres.

Oleh karena itu, Surya Paloh pun berterima kasih kepada Presiden Jokowi.

"Kita harus berterima kasih kepada Pak Jokowi. Anda telah memberikan banyak kepada NasDem. Ini satu pembelajaran politik, satu pembelajaran politik. Kita belajar dari kepemimpinan Anda sebagai Presiden Republik Indonesia yang hampir 10 tahun," kata Surya Paloh.

Baca juga: Presiden Jokowi hadiri Kongres III Partai NasDem

Partai NasDem merupakan salah satu partai pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo selama dua periode. Presiden Joko Widodo pun hadir untuk membuka Kongres III Partai NasDem Tahun 2024.

Lebih lanjut, Ketua Umum DPP Partai NasDem menyatakan yakin Presiden Jokowi sebagai Presiden RI mempunyai niatan yang baik untuk kemajuan bangsa dan negara.

"Saya yakini di sana ada niat baik, ada nawaitu, ada keinginan berbuat baik, seharusnya, perspektif pandangan kita mengambil yang baik, menjaga yang baik, dan mengesampingkan yang buruk," kata Surya Paloh kepada sekitar 10.300 kader partainya yang memenuhi ruangan kongres.

Baca juga: Kongres III Partai NasDem undang seluruh parpol

Terkait niat baik dan strategi tepat itu, Surya Paloh menyebut itu merupakan gambaran suasana kebatinan hari ini.

Demi menyikapi itu, dia menegaskan penting bagi para pemimpin bangsa dan para elite politik untuk mempunyai mentalitas, sikap, dan moralitas yang tepat, yaitu yang sejalan dengan cita-cita Indonesia sebagai negara besar ke depannya.

"Obat paling mujarab saat ini, yang amat sangat dibutuhkan bangsa dan rakyat adalah suri keteladanan," katanya.

Dia melanjutkan untuk menjadi teladan, seseorang harus konsisten terhadap ucapan dan perbuatannya.

Kongres III Partai NasDem yang dibuka malam ini oleh Presiden Jokowi berlangsung selama tiga hari sampai tanggal 27 Agustus 2024.

Baca juga: Jokowi dan Surya Paloh berkendara boogie tinjau Plaza Ceremony IKN
Baca juga: Partai NasDem buat terobosan dengan gelar peragaan busana

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024