Tanjungpinang (ANTARA) - Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad dan Nyanyang Haris Pratamura akan mendaftar ke KPU Riau pada 28 Agustus 2024.

"Tanggal 28 Agustus daftar ke kantor KPU Kepri," kata Ansar Ahmad di Tanjungpinang, Minggu.

Sebelum mendaftar, Ansar dan Nyanyang akan melakukan deklarasi pencalonan Pilkada 2024 terlebih dahulu di Kota Tanjungpinang. Setelah itu baru menuju kantor KPU Kepri.

Ansar yang juga Gubernur Kepri aktif itu mengklaim sudah mengantongi dukungan sejumlah partai politik menjelang pendaftaran Pilkada Kepri 2024.

Ia memperinci partai-politik yang telah menyatakan dukungan itu antara lain Gerindra, Golkar, PKS, PKB, PAN, Demokrat, Perindo dan PPP. Seluruhnya meraih kursi di DPRD Kepri pada Pemilu Legislatif 2024, kecuali PPP gagal mempertahankan kursi legislatif.

"Total dukungan sekitar 32 kursi," ucap Ansar.

Sementara itu, anggota KPU Kepri Ferry Muliadi Manalu menyatakan pihaknya sudah siap menerima pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur Kepulauan Riau (Kepri).

Proses pendaftaran dimulai tanggal 27 sampai 29 Agustus 2024 di kantor KPU Kepri, Kilometer 8, Tanjungpinang.

Ia berharap para bakal calon kepala daerah menginformasikan jadwal pendaftaran ke KPU guna mengantisipasi penumpukan massa di kantor KPU.

"Sejauh ini belum ada bakal calon yang konfirmasi soal jadwal pendaftaran ke kami. Baru NasDem yang menyatakan mau berdiskusi mengenai proses pendaftaran di KPU," ucap Ferry.

Pewarta: Ogen
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024