Surabaya (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa dinobatkan sebagai "Ibu’e Olahraga Jawa Timur" oleh Forum Insan Olahraga Jatim di GOR Basket Kertajaya Surabaya, Minggu.
 
“Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang setinggi tingginya kepada Ibu Khofifah Indar Parawansa yang telah membangun dan membudayakan olahraga bagi masyarakat, di antaranya melalui Program Jatim Seger dan peningkatan kualitas sarana prasarana olahraga,” kata ketua panitia, Mirza Muttaqien.
 
Mirza mengatakan berkat gerakan Jatim Seger, antusiasme masyarakat untuk berolahraga terus meningkat dan memberikan dampak positif bagi perkembangan cabang olahraga prestasi di bawah KONI maupun olahraga rekreasi masyarakat di bawah KORMI.
 
"Terbukti, banyak atlet Jawa Timur yang berhasil meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional, jadi tak salah jika selama ini Jatim mendapat julukan sebagai ‘gudangnya atlet nasional’," ujarnya.
 
Demikian juga dengan Olahraga Rekreasi Masyarakat, jumlah Induk Organisasi Olahraga (INORGA) yang bergabung dengan KORMI Jawa Timur terus bertambah. Hal ini membuktikan bahwa di era modern masyarakat masih gemar memainkan olahraga tradisional yang merupakan warisan bangsa.
 
Usai menerima penghargaan, Khofifah menyampaikan terima kasihnya pada seluruh insan olahraga Jawa Timur. Olahraga menjadi kebanggaan Jawa Timur karena telah menuai banyak sekali prestasi di tingkat regional, nasional, hingga internasional.
 
“Salam olahraga! Penghargaan ini sungguh luar biasa bagi saya dan semoga semakin meningkatkan semangat bersama untuk terus memajukan olahraga di Jawa Timur dan Indonesia pada umumnya,” kata Khofifah.
 
Dia melihat sektor olahraga di Jatim begitu berkembang dan membuahkan banyak prestasi. Hal ini menjadi kebanggaan bagi bersama, bahwa Jawa Timur memang gudangnya atlet, gudangnya prestasi olahraga.
 
Lebih lanjut mantan Menteri Sosial ini juga menegaskan bahwa Jatim Seger sengaja ia inisiasi untuk membentuk kebiasaan masyarakat Jawa Timur yang seneng gerak, suka berolahraga. Sebab di dalam raga yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula.
 
“Sehat menjadi investasi terbaik bagi sebuah negara. Ketika masyarakatnya sehat, maka sektor yang lain juga akan mengikuti berkembang dengan baik,” ujarnya.
 
Di kesempatan itu, Khofifah pun kemudian melecut semangat seluruh insan olahraga Jawa Timur. Ia mendorong agar mereka terus mengembangkan kemampuan, dan meraih prestasi setinggi-tingginya, sebanyak-banyaknya.
 
"Terus berlatih, kembangkan kemampuan terbaik kalian semua, raih prestasi setinggi-tingginya. Salam olahraga, Jawa Timur Jaya Luar Biasa," kata Khofifah.
 

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024