Saya harap dapat berinvestasi dan bekerja sama dengan gim-gim Indonesia yang sesuai, agar dapat membawanya sukses di pasar internasional.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melakukan pertemuan dengan 11 Bit Studios yang merupakan pengembang sekaligus salah satu penerbit gim terbesar di Polandia dengan valuasi 400 miliar dolar AS dan telah memproduksi sederet gim mendunia.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Brzeska 2, 03-737 Warszawa, Polandia, Menparekraf menyampaikan keinginan untuk menjalin kerja sama dalam mengembangkan industri gim Indonesia serta siap memfasilitasi pertemuan bisnis dengan mitra yang direkomendasikan dari Indonesia.

“Potensi kerja sama dapat berupa publikasi bersama, seni dan porting, layanan, pengembangan bersama hingga berbagi ilmu tentang praktik terbaik,” ujar Sandiaga lewat keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Menurutnya, sebagai perusahaan yang sudah berpengalaman selama 14 tahun di industri gim, perusahaan pengembang ini memiliki nilai grafis yang canggih dan modern dengan sentuhan nilai-nilai budaya dapat menjadi pelajaran yang bisa diserap, menjadi referensi, dan berbagai keahlian untuk memajukan industri gim Indonesia.

Ia juga melihat ada kesamaan perusahaan ini dengan Indonesia, sebagai negara yang memiliki kekayaan budaya, etnik, serta latar belakang yang beragam menonjolkan keanekaragaman budaya Nusantara dalam memproduksi gim, seperti Coral Island yang membawa tema lingkungan di kepulauan dan budaya Bali, adapula A Space for the Unbound yang menceritakan kehidupan siswa-siswi di pedesaan Indonesia.

“Pengembang 11 Bit Studios dengan pengembang gim di Indonesia mempunyai kemiripan, yakni dengan memperlihatkan sentuhan nilai budaya di dalam gim yang diproduksi. Karenanya diharapkan dapat berbagi ilmu dengan talenta Indonesia mengenai bagaimana menjadikan budaya dan cerita sebagai nilai jual produk gim,” katanya.

Adapun satu dari antara gim yang diproduksi studio ini, yakni salah satunya gim Frostpunk mengambil latar pada saat erupsi gunung Krakatau dan Tambora pada 1886-1887 yang mengakibatkan volcanic winter secara global, kegagalan panen, dan korban jiwa, dan telah terjual lebih dari 250.000 kopi selama 3 hari pertama penjualan dan mendapatkan penghargaan visual terbaik versi oleh Australian Game Awards.

“Saya harap dapat berinvestasi dan bekerja sama dengan gim-gim Indonesia yang sesuai, agar dapat membawanya sukses di pasar internasional,” katanya pula.
Baca juga: Indonesia jajaki peluang kerja sama dengan pengembang gim Arab Saudi
Baca juga: Pemerintah Indonesia-Polandia gelar pertemuan bahas pengembangan gim

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024