Tasikmalaya, Jawa Barat (ANTARA) - Pangkalan Udara (Lanud) Wiriadinata TNI AU menyiapkan sebuah arena balap lintasan tanah (grasstrack) sebagai tempat latihan maupun kompetisi untuk pembinaan talenta pembalap di wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat.

"Kami membuat sirkuit grasstrack dan motocross di kawasan Lanud Wiriadinata, mudah-mudah bisa digunakan untuk pada Oktober mendatang," ujar Komandan Lanud Wiriadinata Letnan Kolonel Penerbang Taufik Agus Hidayat kepada awak media dalam ajang balap drag motor dan mobil Pertamax Turbo Drag Fest 2024 seri ketiga di Lanud Wiriadinata, Tasikmalaya, Minggu.

Ia mengemukakan hal itu berkaitan dengan dukungan Lanud Wiriadinata untuk menumbuhkan olahraga otomotif di Tasikmalaya.

Taufik menjelaskan, arena grasstrack tersebut bakal digunakan pada momentum kejuaraan daerah balap motor lintasan lurus (drag bike) sekaligus grasstrack yang dijadwalkan pada Oktober 2024.

Selanjutnya, kata dia, arena itu dapat dimanfaatkan kalangan muda di Tasikmalaya untuk berlatih mengembangkan kemampuan balapan di lintasan tanah.

Lanud Wiriadinata berkomitmen terus mendukung pengembangan talenta pembalap, tidak hanya menghadirkan arena grasstrack namun juga melalui pemanfaatan lapangan udara sebagai lintasan untuk ajang Pertamax Turbo Drag Fest 2024.

Seri kedua dan ketiga ajang balap yang digelar oleh PT Pertamina Patra Niaga yang bermitra dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat selaku penyelenggara, tersebut berlangsung di Lanud Wiriadinata.

Taufik mengatakan, sebelum ajang balap drag itu, lintasan lanud juga telah digunakan sebagai arena latihan anak-anak muda di Tasikmalaya yang digelar secara reguler satu kali dalam satu minggu sejak Februari 2024.

Ia mengatakan, upaya tersebut juga cukup efektif mengurangi praktik balapan liar di masyarakat karena warga sudah memiliki tempat untuk berlatih dan berkompetisi.

"Alhamdulillah saya pantau terus untuk balapan liar di jalanan hampir tidak ada lagi saat ini, karena mereka punya ruang di sini," pungkas dia. 

Baca juga: IMI Kalsel cari kroser terbaik untuk ajang Piala Presiden

Baca juga: Pembalap Donuts Racing FT IRPRO dominasi juara Pertamax Turbo Drag

Baca juga: IMI - Pertamax Turbo Drag hidupkan "kelas 402" sebagai marwah balap trek lurus

 

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024