Ankara (ANTARA) - Pertemuan tingkat menteri bertajuk Konferensi Internasional Tokyo untuk Pembangunan Afrika (TICAD) dimulai pada Sabtu (24/8) di ibu kota Jepang, Tokyo.

Pertemuan dua hari itu dihadiri oleh diplomat-diplomat top dan pejabat senior lainnya dari negara-negara Afrika.

Sejumlah menteri luar negeri dari kawasan Afrika telah tiba di Tokyo untuk mengikuti pertemuan tersebut.

Berbicara dalam acara itu, Wakil Menteri Luar Negeri Jepang,Yoichi Fukazawa, mengatakan bahwa hanya tersisa lima tahun lagi hingga tahun 2030, tenggat waktu untuk mencapai cakupan kesehatan universal, sebuah tujuan yang telah menjadi komitmen Jepang dalam memimpin upaya global, demikian pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Jepang.

"Komunitas internasional harus sekali lagi mengingatkan diri mereka sendiri tentang tujuan mencapai cakupan kesehatan universal dan mengambil tindakan sebelum melupakan pelajaran yang dipetik dari COVID-19," kata Fukazawa.

Dia juga menekankan perlunya berbagi pengetahuan dan mempromosikan kolaborasi untuk memastikan akses yang adil terhadap, antara lain, layanan kesehatan serta imunisasi untuk semua.

Menurut kementerian, pertemuan ini akan membahas TICAD 9 pada tahun depan, yang dijadwalkan akan diadakan pada bulan Agustus tahun mendatang di kota pesisir Yokohama.

Sumber : Anadolu-OANA

Baca juga: Dirut BPJS Kesehatan: Peserta JKN melesat cepat lampaui capaian dunia
Baca juga: BPJS: Indonesia sangat cepat capai UHC dibanding negara anggota ISSA


Penerjemah: Primayanti
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2024