Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengintensifkan publikasi informasi kemajuan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) kepada masyarakat untuk menunjukkan kesiapan infrastruktur kawasan tersebut sebagai lokasi pusat pemerintahan di masa depan.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemenkominfo Septriana Tangkary menyebutkan strategi itu dilakukan agar masyarakat memahami urgensi IKN sebagai katalis menumbuhkan pusat ekonomi baru dan contoh konkret dari pemerataan.

“Pemindahan ibu kota ke Nusantara merupakan upaya membangun daerah baru yang smart, kompetitif di tingkat global, serta menciptakan lokomotif baru untuk transformasi Indonesia yang berbasis inovasi dan teknologi juga green economy,” kata Septriana dalam keterangan resminya yang diterima, Minggu. 

Baca juga: Otorita IKN buka 600 lowongan untuk CPNS 2024

Sejauh ini ada empat program yang telah dilakukan Kemenkominfo sebagai diseminasi informasi perkembangan IKN dimulai dari program bernama "Temu Influencer: Sudah Sejauh Mana Pembangunan IKN".

Dalam agenda tersebut Kemenkominfo menggandeng para pemengaruh di media sosial untuk mendiskusikan tentang pembangunan IKN. Kegiatan ini terlaksana di beberapa kota di Indonesia, antara lain Makassar, Sulawesi Selatan, serta Manado, Sulawesi Utara.

Program komunikasi publik selanjutnya guna memberikan pengetahuan mengenai IKN dilakukan Ditjen IKP Kemenkominfo dengan menggabungkan kreativitas lewat perhelatan konser musik "Voice of Nusantara" pada 31 Juli lalu di Anjungan Sarinah, Jakarta Pusat.

Baca juga: Menteri PUPR sebut Presiden Jokowi kemungkinan pindah ke IKN September

Dalam pertunjukan tersebut turut hadir pembicara kompeten tentang IKN serta kalangan generasi muda, yakni Tenaga Ahli Pimpinan Bidang Kolaborasi dan Industri Kreatif Otorita IKN Panji Himawan, Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Rima Agristina, anggota Paskibraka 2024 Naila Aulita Alqubra Sinapoy, dan Purna-Paskibraka 2023 Lilly Indriani Supratman.

Program lainnya yang dikerjakan oleh Kemenkominfo ialah menghelat "Bincang Nusantara" di Makassar mengenalkan IKN kepada para masyarakat dan program keempat ialah "Temu Pemimpin Redaksi".

Pada program "Temu Pemimpin Redaksi", kegiatan itu diikuti oleh para pemimpin media-media nasional sebanyak 43 orang dan enam media lokal dengan kegiatan berkunjung ke IKN dan mengenalkan keunggulan IKN.

Baca juga: PUPR: Berdasarkan laporan Sucofindo air bersih di IKN bisa diminum

Semua program komunikasi publik itu didasarkan pada data-data pembangunan yang tengah berlangsung di IKN. Sejauh ini data yang digunakan berasal dari Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara.

Salah satu data yang didapatkan menampilkan bahwa hingga Juli 2024 perkembangan pembangunan konstruksi infrastruktur batch I IKN telah menyentuh angka 86 persen.

Sedangkan per Juli 2024, pembangunan Istana Negara dan lapangan upacara IKN tercatat mencapai 82,73 persen. Sementara itu untuk tahapan pembangunan kantor Presiden telah mencapai 88,54 persen. 

Baca juga: Konjen RI Cape Town promosikan investasi di IKN

Baca juga: Menteri PUPR: Tujuh investor "groundbreaking" di IKN pada September

 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024