Kami membawa beberapa kain jumputan, yang mengangkat kearifan lokal.
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) memperkuat peran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam pertumbuhan ekonomi daerah.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, mengatakan pengembangan pasar merupakan salah satu program pembinaan yang dilaksanakan perusahaan untuk mengembangkan mitra binaannya lebih dikenal masyarakat luas.

"Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel mengajak sembilan mitra binaan terpilih untuk mengikuti Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2024 oleh Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III (RU III) di Palembang," ujarnya.

Menurut dia, keikutsertaan mitra binaan Pertamina Sumbagsel dalam Pertamina SMEXPO 2024 pada 23-25 Agustus 2024 itu, menjadi ajang dalam meningkatkan branding-nya dalam memperkenalkan produk-produk unggulan untuk lebih dikenal masyarakat luas, serta membantu UMKM binaan meningkatkan pendapatan bisnisnya.

Ajang itu sekaligus menjadi pembuka rangkaian Pertamina SMEXPO 2024, yang akan diselenggarakan di enam kota di seluruh Indonesia.

Nikho melanjutkan beragam produk unggulan dari usaha mikro dan kecil (UMK) binaan sebagai bagian tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) Pertamina Sumbagsel ditampilkan dalam Pertamina SMEXPO 2024.

Di antaranya, kerajinan tenun songket dari Azizah Songket, kerajinan fesyen dan aksesoris dari Ipa Puji Astuti, Sri Bunga Fortuna, Dina Mediana, Bainah, Ayu Puspita Sari, Ria Kurniaty, dan Meirisa, serta kuliner khas Palembang dari Rasyid Pempek.

Pemilik UMK fesyen dan aksesoris Afif Pelangi Collection, Bainah menyampaikan apresiasinya atas dukungan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, yang memfasilitasi perajin Pelangi dalam pameran Pertamina SMEXPO 2024.

"Kami membawa beberapa kain jumputan, yang mengangkat kearifan lokal. Dengan berpartisipasi dalam pameran Pertamina SMEXPO 2024, saya dan teman-teman UMKM mitra binaan Pertamina Sumbagsel berharap acara ini dapat menjadi sarana promosi produk agar lebih dikenal masyarakat luas dan siap bersaing di pasaran," katanya pula.

Nikho menambahkan, melalui upaya itu Pertamina secara signifikan memperkuat pondasi ekonomi dan menjadi katalisator bagi perekonomian masyarakat, sejalan dengan tujuan ke-8 dari Sustainable Development Goals (SDGs), yakni mendukung aspek pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.

"Partisipasi UMK binaan Pertamina dalam Pertamina SMEXPO 2024 merupakan langkah strategis dalam pembinaan UMKM, dengan tujuan meningkatkan pendapatan, memperluas akses pasar, dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Inisiatif ini mencerminkan komitmen Pertamina terhadap prinsip SDGs, khususnya dalam pertumbuhan ekonomi inklusif, berkelanjutan, serta menciptakan tenaga kerja yang produktif," katanya lagi.
Baca juga: Pertamina jamin pasokan LPG bersubsidi di Lampung
Baca juga: Pertamina Patra Niaga sosialisasikan QR Code Pertalite di Sumbagsel

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024