Jakarta (ANTARA) - Beragam berita politik telah diwartakan Kantor Berita Antara, berikut kami rangkum berita politik terpopuler dalam sepekan yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengisi akhir pekan Anda.


Agus Gumiwang jadi Ketua Dewan Pembina Golkar

Ketua Umum DPP Partai Golkar Bahlil Lahadalia menetapkan Agus Gumiwang Kartasasmita menjadi Ketua Dewan Pembina Partai Golkar.

"Kami memutuskan dan menetapkan Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Ketua Dewan Pembina DPP Golkar tahun 2024-2029. Sudah barang tentu ini bagian daripada mekanisme tatanan pelaksanaan partai," kata Bahlil di gedung DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Kamis.

Tidak hanya Agus Gumiwang Kartasasmita, Bahlil juga melantik beberapa nama untuk menempati jabatan strategis di DPP seperti Sekretaris Jenderal hingga Bendahara.

Selengkapnya klik di sini.


Megawati: Ngapain saya disuruh dukung Pak Anies?

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mempertanyakan alasan terkait dengan dirinya yang diminta untuk harus mengusung Anies Baswedan pada Pilkada Jakarta 2024.

Hal itu disampaikan Megawati usai pembacaan nama-nama calon kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan gelombang kedua di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Kamis.

Selengkapnya klik di sini.


PDIP umumkan 6 calon gubernur-wakil gubernur di Pilkada Serentak 2024

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengumumkan 6 bakal calon gubernur dan wakil gubernur untuk maju dalam Pilkada Serentak 2024.

Pembacaan nama-nama calon kepala daerah yang diusung PDIP itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis.

Selengkapnya klik di sini.


​​​​​​​PDIP: Pengumuman bakal calon Pilkada Jakarta tunggu keputusan Megawati

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa partainya masih menunggu keputusan akhir dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri untuk mengumumkan bakal calon kepala daerah yang diusung pada Pilkada DKI Jakarta 2024.

Hal itu disampaikan Hasto saat pembacaan nama-nama calon kepala daerah yang diusung PDIP di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis.

"Untuk Jakarta masih menunggu pengumuman dari Ibu Ketua Umum," kata Hasto.

Selengkapnya klik di sini.


12 partai resmi mengusung Ridwan Kamil-Suswono pada Pilkada Jakarta

Sebanyak 12 partai politik secara resmi menandatangani piagam dukungan untuk mengusung Ridwan Kamil-Suswono sebagai bakal pasangan calon pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta 2024.

Partai tersebut adalah Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Garuda, Partai Gelora, Partai Perindo, dan Partai Persatuan Pembangunan.

"Pada hari ini, Senin 19 Agustus 2024, kami partai politik yang tergabung dalam koalisi Jakarta Baru untuk Jakarta Maju menyatakan mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur dan Suswono sebagai calon wakil gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah Khusus Jakarta 2024," kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani memimpin deklarasi di Hotel Sultan, Jakarta, Senin.

Selengkapnya klik di sini.


KPU RI tetapkan hasil Pemilu 2024 pascaputusan MK

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan hasil Pemilu 2024 setelah putusan perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) jilid 2 Mahkamah Konstitusi.

Penetapan tersebut tertuang dalam Keputusan KPU Nomor 1192 Tahun 2024 tentang Perubahan Ketiga atas Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Secara Nasional pada Pemilu 2024.

"Kami semua mengucapkan alhamdulillah bersyukur atas proses rapat pleno terbuka. Hasil pemilu pascaputusan PHPU jilid 2 di Mahkamah Konstitusi yang selesai pada tanggal 19 Agustus kemarin, dan kami sudah tuangkan dalam berita acara maupun surat keputusan," kata Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin usai menghadiri Rapat Pleno Terbuka Penetapan Hasil Pemilu di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024