Bimtek ini sangat penting untuk membekali para dai sebelum terjun ke lapangan
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Dakwah Komunitas (LDK) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah bekerja sama dengan LDK Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Timur menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) untuk meningkatkan keterampilan komunitas dai se-Kalimantan Timur.

"Ketangguhan dai sangat penting dalam menghadapi tantangan dakwah dengan meneladani Rasulullah dan para sahabat. Di Muhammadiyah, gerakan harus berlanjut dengan aksi nyata, apabila perlu juga hijrah ke daerah-daerah minoritas Muslim untuk memaksimalkan dakwah," kata Ketua PP Muhammadiyah Saad Ibrahim dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu.

Rangkaian acara bimtek dakwah dibuka pada Jumat (23/8) di aula kompleks Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Timur yang bertujuan memperkuat ideologi, meningkatkan keterampilan dakwah komunitas, dan memperkenalkan sistem pelaporan atau reportase dakwah secara nasional sehingga ada keseragaman dokumentasi dakwah.

Baca juga: Dai 3T ungkap masih banyak potensi dakwah di daerah terpencil
Baca juga: Bank Kalsel membantu biaya operasional dai di daerah terpencil


Sementara itu, Ketua LDK PP Muhammadiyah Muchamad Arifin menegaskan komitmen LDK PP Muhammadiyah untuk mengirimkan 300 dai ke daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T) di tahun 2024 ini.

"Peran penting LDK dalam menyapa berbagai komunitas yang kerap menghadapi masalah sosial, dan bagaimana kehadiran LDK, mampu memberikan pencerahan dan kontribusi dalam menyelesaikan permasalahan di dalam masyarakat," ucap Arifin.

Sedangkan Ketua PWM Kalimantan Timur Siswanto menekankan pentingnya kehadiran LDK dalam melakukan penetrasi dakwah di berbagai komunitas, utamanya yang sulit dijangkau oleh dai pada umumnya.

"Bimtek ini sangat penting untuk membekali para dai sebelum terjun ke lapangan," ucap Siswanto.

Peserta dalam bimtek dituntut untuk aktif mendalami materi dan difasilitasi dengan praktik kunjungan lapangan untuk simulasi pelaksanaan dakwah komunitas yang telah dipersiapkan oleh LDK PWM Kalimantan Timur.

Baca juga: Ketua FKPT Jabar sebut fenomena dai muda hijrah harus jadi contoh
Baca juga: BNPT minta para Dai muda ikut berperan berikan pesan perdamaian
Baca juga: IPNU Jatim cetak 100 dai muda

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024