Jakarta (ANTARA) - Pembalap dari Tim Donuts Racing FT IRPRO berhasil mendominasi gelar juara balap mobil lintasan lurus (drag race) pada Pertamax Turbo Drag Fest 2024 yang digelar PT Pertamina Patra Niaga yang bermitra dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat selaku penyelenggara.

Pada seri ketiga atau putaran final ajang balap yang berlangsung di Pangkalan Udara Wiriadinata, Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu, para pembalap tim Donuts Racing FT IRPRO menyudahi balapan dengan memenangkan tiga kelas balap dari lima kelas yang diperlombakan.

Peraih juara pada tiga kelas itu masing-masing disabet oleh pembalap Bayu Reka Nirwana yang mengumpulkan total poin kelas bracket 14 dan all cars modified 180 cc sebanyak 35 poin.

Pembalap asal Sukabum itu juga menyabet juara kelas pro street diesel 2.700 cc dengan mengumpulkan 30 poin. Selain itu, pembalap Deni Sobari dari tim yang sama juga mencatatkan nama sebagai peraih juara setelah mengantongi total poin bracket 17 dan all cars modified stock 1.500 cc sebanyak 40.

Sementara itu, juara dua kelas balap lainnya diamankan tim Garasi Muska melalui pembalap Tedhi Indra Kusuma asal Tangerang yang mengantongi total poin bracket 15 dan bracket 16 sebanyak 42 dan Ahmad Nasrudin yang mengumpulkan 22 poin pada kelas FFA.

Para peraih juara itu ditentukan berdasarkan poin yang dikumpulkan para pembalap selama tiga seri balap yang digelar di Bogor (seri pertama) dan Tasikmalaya (seri kedua dan seri ketiga).

Juara pada lima kelas itu masing-masing mendapatkan hadiah utama berupa tiket nonton ajang MotoGP dengan VIP royal box.

Penyelenggara memutuskan bahwa masing-masing pembalap berhak atas satu hadiah utama sehingga ketika peraih dua gelar juara maka hadiah utama dilimpahkan kepada peraih juara dua, seperti hadiah juara kelas pro street diesel 2700 cc yang diraih Bayu Reka Nirwana dialihkan ke rekan satu tim Ester Rita yang berada di peringkat kedua dengan mengantongi 20 poin.

Selain itu, pembalap yang berhasil mengantongi poin terbanyak pada seri ketiga namun tidak mengikuti seri pertama dan kedua juga tidak berhak atas hadiah tersebut.

Ajang balap drag mobil dan motor Pertamax Turbo Drag Fest 2024 dihadirkan sebagai wujud dukungan Pertamina Patra Niaga dalam menghidupkan olahraga otomotif serta pembinaan talenta-talenta muda pembalap di tanah air.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) Denny Djukardi mengatakan, pihaknya menyambut gembira antusiasme tinggi dari masyarakat sejak seri pertama hingga seri ketiga dengan total lebih dari 1.000 starter.

"Tingginya antusiasme dari masyarakat ini menunjukkan ajang ini sangat dinanti-nantikan," ujarnya.

Pihaknya mengupayakan agar ajang tersebut rutin setiap tahun sehingga para pembalap dan pencinta otomotif bisa memiliki momentum yang mereka harapkan untuk bersaing dalam kompetisi resmi.

Denny menambahkan Pertamina Partra Niaga menghadirkan ajang balap drag itu juga untuk memperkenalkan produk pertamax turbo agar semakin banyak digunakan masyarakat untuk meningkatkan performa kendaraan dengan bahan bakar ramah lingkungan.

Baca juga: IMI: Indonesia butuh banyak ajang balap dipadukan dengan hiburan

Baca juga: Danlanud sebut Pertamax Turbo Drag ajang strategis bina pembalap

Baca juga: Pertamina: Minat pembalap ikut Pertamax Turbo Drag naik signifikan

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024