Jakarta (ANTARA) - Studio pengembang Game Science mengumumkan bahwa gim terbaru besutan mereka "Black Myth: Wukong" telah terjual sebanyak 10 juta kopi hanya dalam waktu 3 hari setelah dirilis.

Dilansir dari IGN pada Minggu, gim yang dirilis pada 20 Agustus 2024 untuk PC dan PlayStation 5 itu juga mencatat dimainkan oleh 3 juta pemain dalam waktu bersamaan di semua platform.

Sebagai perbandingan, gim "Helldivers 2" yang sempat meledak beberapa waktu lalu terjual sebanyak 12 juta kopi dalam waktu 12 pekan, membuatnya menjadi gim PlayStation dengan penjualan tercepat sepanjang masa.

Baca juga: Baru dirilis, gim video "Black Myth: Wukong" raih popularitas besar

Di Steam, sebuah platform distribusi gim PC, "Black Myth: Wukong" berhasil memecahkan rekor sebagai gim pemain tunggal yang paling banyak dimainkan di platform tersebut.

Gim "Black Myth: Wukong" berhasil melangkahi "Cyberpunk 2077", dan menempati posisi kedua sebagai gim yang paling banyak dimainkan di Steam setelah "PUBG".

Direktur riset dan wawasan dari lembaga analis pasar gim Niko Partners, Daniel Ahmad mengatakan kesuksesan penjualan "Black Myth: Wukong" menunjukkan peningkatan kemampuan dan ambisi studio pengembang dari China serta menunjukkan potensi mereka untuk bersaing di pasar global.

Baca juga: Gim "Black Myth Wukong" tunda peluncuran di konsol Xbox Series X/S

"Steam adalah platform yang paling dominan karena adanya bias besar terhadap pemain dari China (yang umumnya bermain di PC)," kata Ahmad dalam cuitannya di X.

Gim tersebut meraih popularitas paling besar di China. Berdasarkan data yang dihimpun Steam, mayoritas pemain "Black Myth: Wukong" berasal dari China namun gim ini juga menarik pemain dalam jumlah besar di negara-negara barat.

Baca juga: Gim "Mafia: The Old Country" akan diluncurkan pada tahun 2025

Baca juga: Gim MMO open world "Dune: Awakening" meluncur di PC pada awal 2025

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024