Akan ada dua panggung di Kriyanusa 2024
Samarinda (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Kalimantan Timur mematangkan persiapan mengikuti Pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) 2024 di Jakarta yang berlangsung 28 Agustus hingga 1 September 2024 mendatang.

Ketua Harian Dekranasda Kaltim Heni Purwaningsih di Samarinda, Minggu, mengatakan tahun ini Kaltim dipercaya sebagai salah satu pengisi utama atau Ikon Kriyanusa 2024, sehingga, diperlukan kesiapan matang untuk menampilkan performa terbaik di level nasional.

"Kami tengah membahas final persiapan Kriyanusa 2024 bersama Dekranasda kabupaten/kota, perangkat daerah lingkup Provinsi Kaltim, BUMN/BUMD serta pelaku UMKM demi menyukseskan pameran kerajinan nusantara ini," kata Heni.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Industri Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DP2KUKM) Kaltim, Ronny Suhendra menjelaskan Kaltim akan mengisi sebanyak 30 stan yang terdiri dari UMKM, BUMD dan Dekranasda dari 10 kabupaten/kota.

Selain pameran, Kaltim juga akan menampilkan display stan ikonik, Rumah Lamin serta mengisi beragam acara dan kegiatan di panggung lokakarya.

Baca juga: Pameran Kriyanusa 2023 catat nilai transaksi capai Rp 19 milyar
Baca juga: Pertamina perluas pasar global UMKM lewat ajang Kriyanusa 2023


Sebagai informasi, Kriyanusa 2024 yang akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, bakal diisi sebanyak 430 stan pameran dengan target 50 ribu pengunjung selama lima hari pelaksanaan.

"Akan ada dua panggung di Kriyanusa 2024, panggung utama dan panggung lokakarya. Panggung utama akan digunakan untuk seremoni pembukaan dan acara-acara seperti talkshow dan fashion show. Sementara panggung lokakarya akan digunakan untuk kegiatan pelatihan dan workshop," ungkap Ronny.

Menurut Ronny, Kaltim sendiri akan mengadakan workshop membuat produk kerajinan dari manik, menganyam rotan, dan sulam tumpar di panggung lokakarya.

Sementara di panggung utama, tim Kaltim juga akan menampilkan performa tarian daerah seperti hudoq dan jepen, talkshow, serta fashion show.

Baca juga: Ketua Dekranas upayakan perajin punya daya saing
Baca juga: Dekranasda Samarinda tampilkan busana sarung pada gebyar UKM di Lombok


 

Pewarta: Arumanto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024